Beranda Tips and Trik

3 Tips Mengatur Utang Secara Cerdas

BERBAGI
[foto: solusihutang]
[foto: solusihutang]
[foto: solusihutang]

berita9online, Beberapa orang memang tidak berani berutang, apalagi jika tidak mampu membayar di kemudian hari dan akhirnya harus berurusan dengan debt collector. Sebenarnya utang tidak selamanya buruk, terutama jika keperluannya memang untuk memulai usaha dan pemenuhan kebutuhan mendasar. Memprioritaskan utang dapat membantu Anda untuk segera melunasinya dan dapat memberikan keamanan pada kehidupan ada saat krisis terjadi.

 

Berikut ini adalah cara cerdas untuk mengatur utang.

1. Prioritaskan utang mulai dari sekarang

Bagaimanapun situasi keuangan Anda, sejauh Anda punya utang atau sekadar tagihan umum, Anda harus memprioritaskannya. Jangan tunggu sampai Anda kehilangan rumah Anda atau menghadapi krisis utang yang serius.

 

Memprioritaskan utang bisa dilakukan dengan membuat dan mengikuti anggaran yang telah Anda buat sendiri. Ini bisa membuat Anda segera membayar utang dan tidak menunda-nundanya, yang malah bisa membuat utang itu bergulung dengan bunga.

 

2. Kumpulkan semua catatan utang

Untuk memprioritaskan utang, Anda perlu setidaknya mengetahui suku bunga, saldo, dan tagihan bulanan minimum untuk membayar utang yang Anda miliki.

 

Anda mungkin juga perlu meninjau syarat dan ketentuan lain dari pinjaman atau kartu kredit. Perhitungan dan kalkulator sangat penting untuk mengukur kemampuan Anda.

 

Pastikan untuk mempertimbangkan biaya yang dapat mempengaruhi prioritas Anda. Terkadang utang diperlukan untuk kebutuhan berlanjut seperti bisnis, bukan untuk barang konsumsi.

 

3. Tentukan strategi yang Anda perlukan

Jika Anda ingin hidup dengan nyaman dan aman, Anda harus bisa sesegera mungkin membayar lunas hutang Anda. Cara yang pertama adalah dengan menggunakan teknik “Snowball”, yaitu dengan mengelompokkan utang berdasarkan tingkat bunga yang paling tinggi hingga ke yang paling rendah. Usahakan membayar penuh tagihan dengan tingkat bunga tinggi, supaya tagihan Anda tidak membengkak.

 

Cara kedua, jaga kebutuhan yang dasar terlebih dahulu. Rumah adalah kredit yang paling penting Anda bayarkan, karena Anda membutuhkan tempat berteduh. Jika Anda butuh mobil untuk beraktivitas, maka pastikan pembayaran kredit mobil Anda tidak macet. (bn/kabar24/ciputraentrepreneurship)

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.