Kapsul Ruang Angkasa China Kembali dengan Aman

BERBAGI
gb. astronot china
Astonot China sukses mendarat di Mongolia (gb. nytimes)
gb. astronot china
Astonot China sukses mendarat di Mongolia (gb. nytimes)

mongolia-berita9online, Sebuah kapsul ruang angkasa Cina membawa tiga astronot telah mendarat dengan selamat di padang rumput utara negara itu, setelah perjalanan 15-hari untuk sebuah stasiun ruang angkasa. Ini menandai keberhasilan terbaru untuk program luar angkasa berawak China karena memasuki dekade kedua.

 

Modul Shenzhou 10 mendarat dengan parasut di Mongolia Rabu pagi, dengan kru tersenyum dan melambaikan tangan di televisi. “Ruang angkasa adalah mimpi kita, tanah air adalah rumah kami. Terima kasih kepada semua rekan-rekan yang mendukung kami dan harapan terbaik untuk kekayaan dan kesuksesan tanah air kita dan kebahagiaan semakin besar rakyat kita,” kata Nie Haisheng, komandan misi.

 

Wang Haiping, astronot perempuan kedua Cina dalam misi itu mengatakan, pengalamannya adalah perjalanan sangat berharga bagi sains China di ruang angkasa.  “Saya berharap semua teman-teman muda kita punya mimpi yang indah untuk ini,” kata Wang.

 

Pusat komando Beijing, diawaki ruang direktur program Zhang Youxia menyatakan, misi sukses dan mengatakan ketiga astronot berada dalam keadaan sehat. Seorang pejabat Partai Komunis, Zhang Gaoli, mengucapkan selamat kepada tim dan menyatakan bahwa program tersebut sedang memasuki tahap baru dan lebih menantang.

Program luar angkasa yang didukung militer China merupakan sumber kebanggaan nasional yang besar dan sebagai tonggak terbaru dalam konsolidasi mulus di bawah dukungan pemimpin baru, Xi Jinping.

 

China mengirimkan astronot pertamanya ke luar angkasa pada tahun 2003, menjadi negara ketiga setelah Rusia dan Amerika Serikat. Misi Cina terbaru adalah meluncurkan stasiun permanen, Tiangong 2. Demikian seperti yang dilansir guardian.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tulis Komentar

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.