Beranda Saintek

Jejak Emas Terlacak di Pohon

BERBAGI
Pohon eucalyptus (eucalyptustree)
Pohon eucalyptus (eucalyptustree)
Pohon eucalyptus (eucalyptustree)

 

berita9online, Uang mungkin tidak tumbuh di pohon, tetapi para ilmuwan telah mengkonfirmasi bahwa partikel emas ditemukan di dalam daun pada beberapa tanaman.

 

Para peneliti dari Australia mengatakan bahwa adanya partikel emas di dedaunan pohon eucalyptus menunjukkan bahwa ada cadangan logam mulia yang terkubur beberapa meter di bawahnya.

 

Mereka percaya bahwa penemuan ini menawarkan cara baru untuk menemukan emas di lokasi yang sulit dijangkau.  Penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Nature Communications.

 

Dr Mel Lintern, seorang ahli geokimia dari organisasi penelitian ilmiah dan industri Australia (CSIRO), mengatakan: “Kami telah menemukan banyak dari deposito dengan mudah di Australia dan tempat lain di dunia.

 

“Sekarang kita mencoba untuk mengatasi cara menemukan emas di lokasi yang lebih sulit yang terkubur puluhan meter di bawah sedimen sungai dan bukit pasir.

“Dan pohon-pohon yang menyediakan kami metode untuk dapat melakukan ini.”

 

Harta terkubur
Partikel emas telah ditemukan di tanah di sekitar pohon eucalyptus. Menggunakan mesin besar yang menggunakan sinar X yang disebut sinkrotron Australia -untuk menyelidiki partikel itu dengan sangat rinci- para peneliti menemukan jejak emas di daun, ranting dan kulit beberapa pohon. Jumlah dari logam mulia yang ditemukan sangat kecil.

 

“Kami telah melakukan perhitungan, dan menemukan bahwa kita perlu 500 pohon yang tumbuh di atas deposit emas untuk membuat sebuah cincin emas,” kata Dr Lintern.

 

Namun, kehadiran partikel ini menunjukkan kekayaan yang lebih besar yang terkubur lebih dari 30 meter di bawahnya.
Dr Lintern mengatakan: “Kami percaya pohon-pohon bertindak seperti pompa hidrolik. Mereka membawa air dari akar, dan dengan demikian, mereka mengambil partikel emas terlarut melalui sistem vaskuler hingga ke dedaunan.”

 

Selama ini, logam ini ditemukan ketika bijih emas  muncul ke permukaan atau terdeteksi melalui eksplorasi pengeboran, kata koresponden BBC Rebecca Morelle.

 

Tetapi para peneliti mengatakan bahwa menganalisis vegetasi bisa menawarkan metode yang lebih baik untuk menemukan deposit emas yang belum dimanfaatkan.

 

Para peneliti mengatakan bahwa teknik ini juga dapat digunakan untuk menemukan mineral lain seperti besi, tembaga dan timah di bagian lain dunia.(bbc)

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.