Beranda Saintek

Cakram Digital 1,5 TB per Keping Segera Dipasarkan

BERBAGI
gb. cd storage
(gb. sears)
gb. cd storage
(gb. sears)

Tokyo-berita9online, Raksasa teknologi asal Jepang, Sony dan Panasonic sepakat mengembangkan format penyimpanan berbasis cakram terbaru yang mampu memuat data sampai 300 GB per keping. Kapasitas tersebut 12 kali kemampuan muat Blu-Ray yang hanya 25 GB (single layer), atau hampir 64 kali lipat kapasitas DVD yang hanya 4,7 GB per kepingnya.

Format baru penyimpanan dengan media cakram tersebut diharapkan mulai bisa dipasarkan secara luas mulai 2015. Seperti dirilis softpedia, Senin (29/7), standar penyimpanan yang belum diberi nama tersebut, masih mampu dikembangkan lebih lanjut hingga memuat data mencapai 1,5 TB per keping.

 

Rencana Sony dan Panasonic, menurut Softpedia tergolong berani sebab keping cakram dikenal sangat rentan mengalami kerusakan sebab tak tahan pada benda cair atau lingkungan ekstrim. Tak heran vendor terkenal seperti Apple, sudah beberapa tahun ini memilih menambah kapasitas hardisk di produk-produknya dibanding melengkapinya dengan DVD atau Blu-Ray.

 

Makin murahnya harga flash disk dan hardisk berbasis chip (solid state drive/SSD) diprediksi bakal menjadi pesaing utama keping cakram format baru Sony dan Panasonic. Tantangan lain datang dari komputasi awan, yang membuat pengguna tak terlalu membutuhkan kapasitas penyimpanan besar sebab telah disediakan oleh penyedia layanan. (pra/jpnn)

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.