Beranda Olahraga

Valentino Rossi Soal Balapan Tahun 2014

BERBAGI
Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo ketika di Jakarta (foto; solusimobil)
Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo ketika di Jakarta (foto; solusimobil)
Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo ketika di Jakarta (foto; solusimobil)

 

 

berita9online, Jakarta kedatangan dua rider Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, hari ini. Mereka melakoni serangkaian acara padat dari pagi hingga petang.

 

Jika Lorenzo datang lebih dulu dan sempat adu balap sepeda dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, maka Rossi datang menyusul kemudian. Keduanya menjumpai publik di Balaikota Jakarta. Namun, hanya Rossi yang melanjutkan dengan wawancara khusus dengan media Jepang dan Indonesia di hari yang sama. Berikut petikannya perbincangan rider asal Italia itu:

 

Bagaimana persiapan menghadapi musim depan?
“Harapan saya sangat tinggi karena musim depan sangat, sangat penting bagi saya.

 

“Saya menargetkan untuk mencoba lebih kompetitif daripada musim lalu. Hasil kemarin tidak cukup baik, saya mencoba lebih kuat, lebih ngotot, dan saya harus lebih bagus untuk bisa lebih banyak mendapatkan podium setiap akhir pekannya.”

 

Ada permintaan khusus kepada Yamaha untuk mendukung target itu?

“Sudah seharusnya Yamaha meningkatkan kemampuan. Saya harus lebih cepat dan lebih kuat sepanjang musim. Musim depan level persaingan akan lebih tinggi, harus lebih maksimal

 

Ada permintaan khusus kepada Yamaha untuk mendukung target itu?

“Sudah seharusnya Yamaha meningkatkan kemampuan. Saya harus lebih cepat dan lebih kuat sepanjang musim. Musim depan level persaingan akan lebih tinggi, harus lebih maksimal lagi.”

 

Bagaimana dengan pengembangan seamless shift gearbox Yamaha?
“Itu bagus. Tahun lalu Honda sudah menunjukkan mereka lebih bagus, tapi kami juga mempunyai yang serupa itu.”

 

“Kalau bisa meningkatkan lagi akan lebih oke. Bersama para teknisi kami terus mengembangkan gearbox yang serupa (milik Honda), masih terus dibenahi.”

 

Kamu memakai jersey timnas Brasil di instagram. Apakah Brasil timnas favoritmu? Tim apa yang jadi favorit di Piala Dunia nanti?
“Hahaha… itu foto itu saat saya ada di Brasil tahun lalu. Saya diberi jersey itu, ya saya pakai. Tapi Brasil bukan tim favorit saya. Favorit saya tetaplah Azzurri.”

 

“Sulit untuk mengatakannya. Brasil setara dengan Jerman yang menjadi timnas di level paling atas. Italia ada di lima besar timnas-timnas yang top, tapi masih ada di bawah Brasil dan Jerman.”

 

“Tapi apa saja bisa terjadi di Piala Dunia. Saya tetap menjagokan Italia. Saya akan taruhan pada Piala Dunia nanti, untuk Italia.”

 

Setelah pensiun nanti, kamu ingin dikenang sebagai apa?
“Tentu saja saya ingin orang-orang mengingat saya sebagai rider yang berkualitas, mengingat saya sebagai pebalap yang mengagumkan, terutama atas hasil-hasil yang sudah saya bikin. Itu saja.”

 

“Gaya juga tak akan berubah. Saya akan melanjutkan apa yang sudah saya lakukan, termasuk terus mengenakan warna hijau yang sudah ‘saya’ sekali. Sudah lama saya memilih hijau.”

 

Jadi, kapan rencana pensiun?
“Saya mencoba untuk membuat Yamaha lebih terkesan, setidaknya ada tambahan kontrak dua tahun lagi. Musim ini bukan musim terakhir buat saya, masih ada tiga tahun lagi.”

 

Kamu juga jadi team principal tim Moto3 (Team Sky-VR46) musim depan, apakah tidak sulit?
“Ini proyek yang sangat menarik untuk balap motor. Dengan mencari bakat-bakat muda di Italia.”

 

“Tidak sulit tapi butuh memperhatikan hal-hal detil dari mulai motor, pembalap, dan waktu. Suatu saat saya ingin mempunyai tim di MotoGP tapi dibandingkan Moto2 dan Moto3, MotoGP itu sangatlah kompleks.”(detiksport)

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.