Beranda Olahraga

Misi Moyes: Ulang Prestasi Mourinho 9 Tahun Lalu

BERBAGI
David Moyes (gb. bbc)
David Moyes (gb. bbc)
David Moyes (gb. bbc)

berita9online, Saat mulai menukangi Chelsea pada 2004, Jose Mourinho menjalani laga kandang pertamanya di Liga Inggris dengan menjamu Manchester United. Pada laga yang dihelat 15 Agustus 2004 itu, Mourinho sukses menorehkan kesan impresif dengan mengalahkan United lewat gol tunggal Eidur Gudjohnsen.

Sembilan tahun kemudian, situasinya berbalik: manajer baru United yang justru akan menjalani laga kandang pertamanya di Liga Inggris dengan menjamu Chelsea. Ya, laga Selasa (27/8) dinihari nanti memang akan jadi momen pertama Moyes memimpin timnya di kandang di ajang Liga Inggris.

Pertanyaannya: berhasilkah Moyes mengulangi capaian Mourinho sembilan tahun lalu?

Head-to-Head yang Timpang

Mourinho dan Chelsea adalah mimpi buruk bagi Manchester United. Setidaknya jika melihat fakta bahwa kedua paduan itu memiliki rekor bagus kala bertemu ‘Setan Merah’, bahkan walau pertemuan itu berlangsung di Old Trafford sekali pun.

Chelsea memegang rekor sebagai tim yang paling banyak mengalahkan Manchester United di Liga Inggris yaitu 14 kali. Sedangkan Mourinho hanya menderita dua kali kekalahan dalam tujuh pertandingan kompetitif di Old Trafford, tiga di antaranya bahkan berakhir dengan kemenangan. Rekor pertemuan dalam 5 laga terakhir juga masih memihak Chelsea. United hanya mampu menang dan memaksa imbang sekali, sementara tiga laga sisanya dimenangkan Chelsea.

David Moyes tentu tak mengharapkan mimpi buruk ini menjadi sandungan di hari spesialnya ketika tampil perdana di laga kompetitif di depan publik Old Trafford.

Perlahan Moyes sendiri sebenarnya mulai menemukan bentuk permainan dan komposisi yang pas untuk tim. Setelah hasil buruk di beberapa pertandingan pramusim, United justru berjaya di pertandingan kompetitif dengan memenangi Community Shield dan memetik kemenangan meyakinkan di kandang Swansea.

Melawan Chelsea tentu menjadi ujian sesungguhnya bagi United. Karena hingga kini racikan strategi Moyes bisa dibilang masih belum teruji. United masih ngos-ngosan menghadapi tim dari kawasan Asia dalam rangkaian tur pramusim. Hanya Sevilla tim yang bisa dibilang sebagai lawan pantas bagi United, meski juga berakhir dengan kekalahan 1-3 di pertandingan testimonial Rio Ferdinand itu.

Kondisi ini berbeda dengan Mourinho yang memiliki lebih banyak kesempatan untuk memantapkan tim jelang kompetisi. Meski sama-sama menjalani tur ke Asia, Chelsea masih terbang ke Amerika untuk menjalani kompetisi pramusim dengan tim-tim besar Eropa lainya. Hasilnya juga tidak terlalu buruk, Chelsea kalah di final oleh Real Madrid setelah sebelumnya mengalahkan Inter dan AC Milan. Rangkaian uji cobanya juga masih ditutup dengan kemenangan 2-1 atas AS Roma.

Lini Tengah Chelsea dan Tajamnya Lini Depan United

Mourinho patut bersyukur memiliki komposisi lini tengah seperti saat ini. Kombinasi Juan Mata, Oscar, dan Eden Hazard, ditambah dukungan Ramires dan Frank Lampard dalam skema 4-2-3-1 kesukaan Mourinho adalah salah satu yang terbaik di liga Inggris. Belum lagi masih ada nama Kevin De Bruyne yang memberikan assist sempurna bagi Oscar di pertandingan pembuka melawan Hull City. Atau bahkan Andre Schuerrle yang juga baru direkrut.

Sementara United mungkin hanya bisa mengandalkan Michael Carrick di lini tengah. Tom Cleverley yang menjadi duetnya di lini vital ini belum mampu berbuat banyak, perannya masih statis dan tidak terlalu membantu banyak bagi motor serangan United. Umpan trough pass yang menjadi ciri khas Carrick kepada Robin van Persie bisa menjadi andalan United dalam membobol gawang Chelsea.

Ketajaman Van Persie memang tidak perlu diragukan. Van Persie menjadi aktor penentu United dalam memenangi Community Shield dengan memborong 2 gol. Tak hanya itu top skorer musim lalu ini juga kembali mencetak 2 gol di pekan perdana Liga Inggris menghadapi Swansea.

Catatan statistik juga menunjukan bagaimana United lebih baik dalam melakukan konversi peluang. Shot Accuracy mereka jauh di atas Chelsea. Jumlah selisih gol juga sama, meski United masih tampil sekali sedangkan Chelsea 2 kali.

Problem ketajaman memang menjadi salah satu PR bagi Mourinho, stok gelandang kreatif yang dimilikinya memang mampu mencetak banyak kesempatan. Namun kembali lagi proses konversi yang dihasilkan masih jauh dari harapan. Tengok saja perbandingan kesempatan yang dihasilkan para pemain Chelsea dengan shot accuracy dan gol yang dicetak dibawah ini:

Chelsea Details Man United
2 Games 1
4 Goal Scored 4
1 Goals Conceded 1
2 Set Piece 0

 

Chelsea Details Man United
34% Shot Accuracy 73%
58% Possession 47%
87% Pass Accuracy 83%
29 Chances Created 9

Problem Sayap United

Sulit rasanya bagi duet Carrick–Cleverley bertarung dengan lini tengah kuat Chelsea. Harapan lain United untuk memaksimalkan sayap mereka guna menembus pertahanan Chelsea juga memiliki kendala. United memang lebih mengandalkan sisi kanan mereka dalam menyerang melalui Wilfried Zaha maupun Valencia.

Man United Attack Sides Chelsea
28% Left 30%
32% Middle 39%
40% Right 31%

Belum pulihnya Rafael akibat cedera ketika menghadapi Wigan membuat harapan Moyes untuk memaksimalkan serangan melalui sayap mengalami sedikit masalah. Phil Jones yang menggantikan peranya tentu berbeda terutama ketika harus overlap membantu menyerang. United sejak musim lalu memang banyak terbantu penampilan gemilang kedua fullback-nya, Evra dan Rafael, yang sangat rajin melakukan overlap. Dan menjadi salah satu kunci sukses merebut titel Liga Inggris.

Valencia di sisi kanan masih bermain terlalu statis, karakter yang memang menjadi ciri khasnya. Zaha sebenarnya menjadi harapan baru bagi United, yang memiliki permainan lebih dinamis. Namun kembali absenya Rafael membuat dukungan terhadapnya berkurang. Itulah yang menjadi alasan dipasangnya Valencia ketimbang Zaha ketika menghadapi Swansea pekan lalu.

Psy-War Moyes vs Mourinho

Pertandingan antara United dan Chelsea memang selalu panas terutama komentar kedua manajer. Apalagi kembalinya Mourinho menukangi Chelsea, psy war yang dilakukan bukan lagi sebuah kejutan. Hal yang lazim dilakukanya dengan Sir Alex sejak dia menukangi Chelsea hampir 1 dekade lalu.

Komentar Mourinho yang menyindir hubungan kurang harmonis Moyes dan Rooney, adalah yang terbaru. Mourinho mengatakan bahwa sangat wajar jika Rooney memilih hengkang. Hal ini terkait ucapan Moyes yang mengatakan bahwa United masih membutuhkan Rooney sebagai pelapis Van Persie.

Beban berat tentu dipikul David Moyes, mengingat performa United dibawah asuhanya yang masih diragukan banyak orang. Apalagi inilah pertandingan kompetitif perdana Moyes dihadapan publik Old Trafford. Lawan yang dihadapi juga tidak tanggung-tanggung, salah satu kandidat juara musim ini.

Perkiraan Line-Up

Manchester United: De Gea, Jones, Ferdinand, Vidic, Evra, Valencia, Giggs, Carrick, Cleverley, Van Persie, Welbeck.
Chelsea: Cech, Ivanovic, Cahill, Terry, Cole, Ramires, Lampard, Mata, Oscar, Hazard, Lukaku.

Last Five Matches

Pre-Season Kitchee 2-5 Man United AC Milan 0-2 Chelsea Int Champions Cup
Pre-Season AIK Solna 1-1 Man United Real Madrid 3-1 Chelsea Int Champions Cup
Testimonial Man United 1-3 Sevilla Chelsea 2-1 AS Roma Friendly
Community Shield Wigan 0-2 Man United Chelsea 2-0 Hull EPL
EPL Swansea 1-4 Man United Chelsea 2-1 Aston Villa EPL

Head-to-Head

28 Okt 2012 EPL Chelsea 2-3 Man United
31 Okt 2012 Piala Liga Chelsea 5-4 Man United
10 Mar 2013 Piala FA Man United 2-2 Chelsea
1 Apr 2013 Piala FA Chelsea 1-0 Man United
5 Mei 2013 EPL Man United 0-1 Chelsea

(detiksport)

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.