Beranda Olahraga

Jelang MotoGP Qatar, Lorenzo Kejar Hat-trick di Losail

BERBAGI
Jorge Lorenzo [foto: motorcycle-usa]
Jorge Lorenzo [foto: motorcycle-usa]
Jorge Lorenzo [foto: motorcycle-usa]

 

Doha-berita9online, Selama dua musim terakhir pebalap Yamaha Jorge Lorenzo tampil sebagai pemenang MotoGP Qatar. Maka dalam usaha memulai musim dengan sip, ia pun sekaligus akan diiming-imingi hat-trick di Losail.

 

Selama Losail menjadi salah satu tempat digelarnya kejuaraan dunia balap motor grand prix, ada dua sosok yang paling sering meraih kemenangan–di seluruh kelas–yakni Casey Stoner dan Lorenzo.

 

Khusus mengenai Lorenzo, ia sudah dua kali memenanginya di kelas primer, yakni pada 2012 dan 2013. Walhasil jika berhasil menang lagi akhir pekan ini, ia pun akan mencatatkan hat-trick di lintasan itu. Selain itu, jika bisa menang di Losail maka Lorenzo juga akan melanjutkan rentetan kemenangannya sedari akhir musim lalu dan merangkainya menjadi empat kemenangan beruntun–yang pertama dalam kariernya.

 

Berikut angka-angka kunci lainnya sehubungan dengan MotoGP Qatar sebagaimana dirangkum situs resmi MotoGP :

249 – Honda cuma butuh satu kemenangan lagi untuk menjadi pabrikan pertama yang mencapai 250 kemenangan di kelas primer balap motor grand prix.

 

112 – Kemenangan Jorge Lorenzo dalam balapan terakhir 2013 menandai podium ke-112 untuknya di seluruh kelas grand prix. Ini merupakan jumlah podium yang sama dari Mike Hailwood sepanjang karier grand prixnya. Cuma ada lima pebalap yang lebih banyak tampil di podium dalam balapan grand prix: Valentino Rossi (183 podium), Giacomo Agostini (159), Angel Nieto (139), Dani Pedrosa (125) dan Phil Read (121).

 

52 – Kemenangan Jorge Lorenzo di Valencia lalu merupakan kali ke-52 ia berdiri di podium teratas dalam balapan grand prix, sama dengan jumlah kemenangan Phil Read selama 15 tahun kariernya di balapan grand prix. Cuma ada lima pebalap yang lebih sering berdiri di podium teratas daripada Lorenzo: Giacomo Agostini (122 kemenangan grand prix), Valentino Rossi (106), Angel Nieto (90), Mike Hailwood (76), dan Mick Doohan (54)

 

35 – Pada usia 35 tahun dan 35 hari dalam hari balapan di Qatar, Valentino Rossi akan menjadi mantan juara dunia kelas primer tertua yang ambil bagian dalam sebuah balapan kelas primer, semenjak Giacomo Agostini pada 1977.

 

28 – Andrea Dovizioso merayakan ulang tahunnya yang ke-28 pada hari balapan di Qatar.

 

20 – Para pebalap Spanyol sudah memenangi 20 balapan terakhir di seluruh kelas; sebuah rekor untuk rentetan kemenangan terpanjang oleh satu negara di balapan grand prix. Scott Redding menjadi pebalap non-Spanyol terakhir yang menjadi pemenang, ketika berjaya di Silverstone pada kelas Moto2 tahun lalu.

 

11 – Ini akan menjadi kali ke-11 balapan grand prix dilangsungkan di Sirkuit Internasional Losail dan akan menjadi yang ketujuh di malam hari. Yamaha menjadi pabrikan tersukses MotoGP di sirkuit tersebut dengan lima kemenangan. Ducati punya tiga kemenangan dan Honda dua.

 

8 – Ini akan menjadi kali kedelapan beruntun Sirkuit Internasional Losail menjadi seri pembuka, dengan yang pertama pada tahun 2007 lalu.

 

5 – Dua pebalap dengan kemenangan paling banyak di Losail, masing-masing dengan lima kemenangan, adalah Casey Stoner (4 x MotoGP, 1 x 250) dan Jorge Lorenzo (2 x MotoGP, 2 x 250, dan 1 x 125).

 

3 – Jorge Lorenzo menjuarai tiga balapan terakhir musim 2013 dan jika ia meraih kemenangan di Qatar maka ini akan menjadi kali pertama dalam karier grand prixnya ia bisa merangkai empat kemenangan beruntun.

[detiksport]

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.