Israel larang pelari Gaza berlomba di Bethlehem

BERBAGI
palestina
atlet palestina berlatih di gang di sekitar rumah
palestina
atlet palestina berlatih di gang di sekitar rumah

Harapan 26 pelari Gaza untuk terjun di lomba Maraton Bethlehem, Tepi Barat, besar kemungkinan gagal terwujud karena otorita Israel menolak mengeluarkan izin.

“Surat permintaan 26 pelari sudah diperiksa dan akhirnya diputuskan bahwa permintaan mereka tidak memenuhi syarat untuk bisa menyeberang dari Gaza ke Tepi Barat,” demikian pernyataan COGAT, unit di Kementerian Pertahanan Israel yang mengurusi administrasi warga sipil Palestina.

COGAT menjelaskan bahwa warga Gaza diizinkan ke Tepi Barat bila memiliki alasan kemanusiaan, seperti kesehatan, yang bersifat sangat mendesak.

Tanggapan Palestina

Komite Olimpiade Palestina, yang juga menjadi panitia lomba maraton ini mengatakan mereka tidak diberi penjelasan mengapa izin untuk para pelari Gaza tidak dikeluarkan.

“Kami meminta izin untuk mereka namun semuanya ditolak oleh Israel tanpa ada penjelasan,” ungkap Etidal Abdelghani dari Komite Olimpiade Palestina kepada kantor berita AFP hari Kamis (18/04).

“Ini menunjukkan bahwa Israel masih mencengkeramkan kekuasaan di daerah pendudukan dan membatasi pergerakan warga, termasuk di bidang olahraga,” kata Abdelghani.

“Tindakan Israel tersebut melanggar peraturan olahraga internasional,” imbuhnya.

Lomba Maraton Bethlehem digelar hari Minggu (21/04) dengan titik start di kompleks Gereja Nativitas.

Ini adalah lomba maraton pertama di Bethlehem dan diikuti oleh 400 atlet separuh di antaranya warga Palestina.

BERBAGI
Berita SebelumnyaBetapa Pentingnya Dzikrullah
Berita SelanjutnyaNU BARU

TIDAK ADA KOMENTAR

Tulis Komentar

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.