Beranda Olahraga

Guus Hiddink Pelatih Timnas Belanda Setelah Piala Dunia Brazil

BERBAGI
Guus Hiddink, Pelatih Timnas Belanda setelah World Cup Brazil [foto: picgift]
Guus Hiddink, Pelatih Timnas Belanda setelah World Cup Brazil [foto: picgift]
Guus Hiddink, Pelatih Timnas Belanda setelah World Cup Brazil [foto: picgift]

Amsterdam-berita9online, Belanda telah menunjuk dua pelatih tim nasional yang baru pada Jumat, dimana penunjukan Guus Hiddink dikonfirmasi menyusul spekulasi berbulan-bulan, dan Danny Blind akan menjadi penggantinya setelah Piala Eropa 2016.

 

Hiddink menjadi kandidat terdepan selama beberapa bulan untuk mengambil alih jabatan itu dari Louis van Gaal setelah Piala Dunia di Brazil, dan berkata kepada para wartawan bahwa detil-detil dari kontrak dua tahunnya dengan Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) secara formal telah diumumkan pada Jumat.

 

Bagaimanapun, KNVB mengejutkan banyak pihak dengan menunjuk Blind sebagai suksesor Hiddink setelah Piala Eropa 2016 di Prancis, di mana mantan bek internasional itu diikat kontrak dua tahun sampai Piala Dunia 2018.

 

Blind, yang merupakan asisten pelatih di Ajax Amsterdam, dan mantan penyerang Ruud van Nistelrooy, yang belakangan bergabung sebagai staf di PSV Eindhoven, akan menjadi asisten-asisten Hiddink.

 

“Bersama Guus Hiddink, kami telah menunjuk pelatih Belanda dengan harta karun pengalaman dan kesuksesan internasional. Danny Blind akan mendapatkan dua tahun mengembangkan tim di bawah arahannya,” kata direktur tim KNVB Bert van Oostveen dalam pernyataannya.

 

“Dengan memberikan kesempatan kepada Blind, setelah Piala Eropa 2016, untuk mengambil alih dari Hiddink, kami menjaga nilai-nilai yang berharga untuk jangka panjang dan garis suksesi.”

 

Ini merupakan masa kerja kedua bagi Hiddink (67), yang membawa negaranya ke semifinal Piala Dunia 1998 di Prancis, untuk menangani timnas Belanda. Ia akan memulai masa kerja barunya itu pada 1 Agustus, tambah KNVB.

 

Hiddink akan menggantikan Van Gaal, yang pada tahun lalu mengumumkan niatnya untuk hengkang setelah Piala Dunia dan disebut-sebut akan berkarier di Inggris pada musim depan.

 

“Merupakan sebuah kehormatan untuk kembali sebagai pelatih nasional dan bersama Blind serta Nistelrooy, kami memiliki tim yang kuat dengan pengetahuan sepak bola dan pengalaman yang bagus,” kata Hiddink.

 

“Bagi saya secara pribadi, ini juga sesuatu yang mendebarkan untuk bekerja bersama suksesor saya, dan dengan cara ini visi sepak bola di Belanda dapat digaransi untuk jangka panjang.”

 

Blind (52) pernah memperkuat timnas Belanda sebanyak 42 kali, dan memperkuat tim Ajax yang menjuarai Liga Champions pada 1995.

 

Ia merupakan pelatih Ajax pada 2005 sampai 2006, dan belakangan kembali menjadi asisten. Ia telah bekerja di bawah Van Gaal dengan timnas Belanda sejak 2012, demikian Reuters melaporkan.

[antaranews]

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.