Beranda Olahraga

Bayern Raih Gelar Liga Champions Kelima

BERBAGI
gbchampion
Bayern Munchen meraih trophi liga Champion 2013 (tribune)
gbchampion
Bayern Munchen meraih trophi liga Champion 2013 (tribune)

London, Arjen Robben mencetak gol pada menit ke-89 untuk memenangkan Bayern Munich pada final Liga Champions atas Borussia Dortmund 2-1 di Stadion Wembley, London, Inggris, Minggu dinihari.

Pemain asal Belanda itu menerima tendangan tumit Frank Ribery,  menghindari Mats Hummels dan menembakkan tendangannya melewati Roman Weidenfeller untuk membawa Bayern meraih mahkota Eropa kelima.

Bayern yang juara pada 1974, 1975, 1976, dan 2001 itu telah menunggu lama momen tersebut, setelah kalah pada final 2010 dan kembali pada 2012, ketika mereka kalah melalui adu penalti dari Chelsea di kandang sendiri.

Robben membuka jalan Bayern menuju kemenangan setelah pertandingan berlangsung satu jam ketika ia membantu Mario Mandzukic mencetak gol pembuka, namun Ilkay Gundogan menyamakan kedudukan melalui tendangan penalti pada menit ke-68.

Kemenangan pada final Liga Champions antara tim Jerman yang pertama kali terjadi itu membuat pelatih Bayern Jupp Heynckes menjadi manajer keempat yang memenangi trofi tersebut bersama dua klub berbeda, setelah pada 1998 meraih kemenangan bersama Real Madrid.

Itu juga menjadi kado manis bagi pelatih yang akan meninggalkan klub tersebut digantikan oleh Pep Guardiola.

Setelah meraih gelar juara Jerman, Bayern selanjutnya akan berusaha meraih gelar Piala Jerman melawan Stuttgart akhir pekan depan.

Belum ada gelar kedua bagi juara 1997 Dortmund, namun tim asuhan Jurgen Klopp tidak hanya sekedar main di hadapan 86.298 penonton.

Kiper Bayern Manuel Neuer berhasil menyelamatkan usaha Robert Lewandowski, Jakub Blaszczykowski, Marco Reus dan Sven Bender, sebelum Bayern akhirnya mengancam lawannya ketika Weidenfeller menepis sundulan Mandzukic ke mistar gawang.

Hasil tendangan pojok disundul Javi Martinez ke atas gawang, namun peluang terbaik pada babak pertama jatuh ke  Robben.

Pada menit ke-60 ia membantu terciptanya gol pertama.

Ribery melaju ke depan dan Robben menghindari jebakan offside sebelum mendorong bola melewati Weidenfeller dan mengumpan Mandzukic untuk menyarangkan bola.

Namun Dortmund segera menyamakan kedudukan.

Dante dikenai hukuman penalti setelah melakukan pelanggaran, menendang Reus di area penalti dan Gundogan berhasil mengeksekusi tendangan penalti dengan baik.

Bayern melanjutkan tekanan ketika memaksa Weidenfeller mengelakkan tendangan-tendangan tajam David Alaba dan Bastian Schweinsteiger, sebelum akhirnya Robben melewati pertahanan Dortmund untuk mencetak gol kemenangan, demikian seperti dilaporkan AFP.

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.