Bayern Munchen Vs Barcelona, Duel Gengsi Spanyol dan Jerman

BERBAGI
gb barcelona
fcbarcelona.com
gb barcelona
fcbarcelona.com

Tiba waktunya bagi raksasa sepak bola Jerman, Bayern Muenchen unjuk gigi meladeni raja sepak bola Spanyol, Barcelona dalam leg pertama semifinal Liga Champions yang digelar di Fussball Arena pada Rabu dini hari pukul 01.45 WIB.(Anda bisa menyaksikan di SCTV)
Bara The Bavarian meledak-ledak siap membumihanguskan setiap lawan untuk meraih predikat sebagai salah satu tim sepak bola terbaik di Eropa, sementara Barcelona mematerikan diri di benak seantero pecinta bola sebagai kekuatan digdaya bermodal tiki-taka.

Kedua tim sama-sama superior menjebol gawang lawan. Die Bayern telah menjalakan 19 gol dalam lima laga terakhir mereka di berbagai kompetisi.

Sementara itu, Barca telah mencetak 12 gol di berbagai laga minus Lionel Messi dalam beberapa waktu belakangan. Dua tim ini sama-sama mengandalkan lini tengah.

Tim tuan rumah mengandalkan pemain bertalenta Bastian Schweinsteiger. Gelandang  dengan nomor punggung 31 ini telah mengemas dua gol, dengan tiga assist serta mampu mendistribusikan operan tepat sasaran mencapai 88,1 persen di Liga Champions musim ini.

Schweinsteiger yang berjuluk “destroyer” membuka duel dengan trio Blaugrana, yakni Xavi Hernandez, Andres Iniesta dan Sergio Busquets plus Cesc Fabregas.

Dengan peran Javi Martinez  dan Schweinsteiger dalam formasi 4-2-3-1 yang diterapkan Bayern, maka Barca bermanuver dengan formasi 4-1-2-3.

Sementara manajer Tito Vilanova besar kemungkinan akan memainkan gelandang tipikal ortodoks dalam diri Busquets, dengan didukung gelandang bertahan, yakni  Xavi dan Iniesta.

Duel di lapangan tengah dari dua tim bakal berlangsung sengit, antara  Schweinsteiger dan Xavi. Kedua pemain ini punya peran relatif jempolan. Xavi, akan beroperasi di depan mendukung Messi dan gerakan ekplosif dari Pedro, sebagaimana dikutip dari situs UEFA.

Bayern salah satunya punya keunggulan dalam duel-duel udara. Pasukan Jupp Heynckes juga berulangkali ciamik mengambil tendangan bebas, dengan mengandalkan sosok seperti Schweinsteiger, Gomez, Daniel Van Buyten dan Dante. Mereka terampil memanfaatkan bola-bola mati,sementara pasukan Catalan kurang mampu memenangkan duel udara.

Boleh jadi, Barcelona tengah menikmati status sebagai “underdog” ketika melawan Muenchen. Dan dukungan para suporter Blaugrana tetap dinanti sebagai kekuatan ekstra bagi Messi dkk.

Komentar dua pelatih: 

Bayern Muenchen (Jupp Heynckes)

“Barcelona memang mendominasi sepak bola Eropa beberapa tahun ini. Mereka berjalan dengan filosofi dan konsep sepak bolanya. Banyak pemain mereka berasal dari akademinya sendiri.”

“Saya menghormati Pep Guardiola dan kami berhubungan sangat baik. Pertandingan ini sama sekali tidak mempengaruhi hubungan kami. Saya tidak memerlukan informasi dari seorang pun. Saya tahu sepak bola Spanyol, saya tahu Barca dan saya tahu juga bahwa kami punya tim yang tampil baik.”

“Tentu  saja saya beranggapan bahwa (Lionel) messi akan bermain keesokan hari. Bagi kami, Barca bukan hanya messi. Barca punya sederet pemain hebat. Ada (Andres) Iniesta, pemain yang hebat karena ia merupakan pemain terbaik Eropa, dan lihat  (Gerard) Piqué, Xavi (Hernández, dan lain-lain.”

“Untuk merangkum kekuatan Bayern dalam tahun ini hanya dengan satu kata saja, yakni kerjasama tim. Bayern memainkan sepak bola modern dan terkini dalam lintas sejarah. Banyak hal telah kami siapkan sebelum laga ini digelar, meski spontanitas sangat diperlukan dalam sepak bola. Perlu dukungan intuisi menghadapi pertandingan ini.”

“(Meskipun Mario Mandžukić) masih terkena suspensi, saya punya dua pencetak gol, Mario Gomez dan Claudio Pizarro. Saya punya asa kepada dua pemain ini,  dan saya akan berbicara kepada mereka besok.”

Barcelona (Jordi Roura, asisten pelatih)

“Ini akan menjadi pertandingan seru bagi kedua tim. Kami berharap dapat tampil aik sama halnya ketika kami menghadapi Milan. Kemenangan lebih ditentukan oleh perhatian kepada hal-hal yang rinci. Laga bakal berlangsung cepat dan sangat intensif. Kedua tim berusaha membuka peluang mencetak gol.”

“Kami coba tampil  dengan ritme permainan kami selama ini, dengan mengandalkan kecepatan dan ketepatan. Kami tahu bahwa pertandingan bakal berlangsung sengit karena kami menghadapi Bayern sebagai tim yang handal.”

“(Lionel) Messi berangsur pulih. Kami terus memantau kondisi dia dengan memperhatikan saran dokter. Ia pemain hebat karena ia mampu menjadi motor bagi tim. Kami berharap dia segera pulih. Tim dapat tampil maksimal dengan dukungan Messi. Kami juga berusaha memenangi setiap pertandingan meski tanpa kehadiran dia di lapangan.”

“(Marc) Bartra menjadi pilihan kami, ia dapat bermain. Ia menjadi salah satu pilihan meski kami belum memutuskan juga. Kami masih harus melihat dia karena dia pemain muda. Xavi pemain sangat penting, ia berangsur pulih agar dapat tampil optimal. Ia senantiasa pemain penting bagi kami di lini tengah.”

“Bayern tampil sangat baik di kompetisi ini. Mereka tampil sebagai tim yang sangat kuat dan kokoh. Kami memang bukan tim yang dijagokan dan kami menerima hal itu. Bayern mampu mendominasi liga domestik dan tampil spektakuler dalam beberapa pekan belakangan in. Kedua tim sama-sama punya segudang pengalaman.”

Prakiraan susunan pemain:

Muenchen (4-2-3-1)

Neuer (penjaga gawang), Alaba, Dante, Van Buyten, Lahm, Martinez, Schweinsteiger, Ribery, Mueller, Robben, Gomez
Pemain cadangan:
Starke, Shagiri, Rafinha, Pizarro, Boateng, L Gustavo, Tymoschuk, Mandzukic (sanksi), Kroos (cedera)

Barcelona (4-1-2-3):
Valdes (penjaga gawang), Alves, Bartra, Pique, Alba, Xavi, Busquets, Iniesta, Pedro, Messi, Alexis
Pemain cadangan:
Pinto, Fabregas, Villa, Thiago, Montoya, Abidal, Song, Adriano (sanksi), Puyol dan Mascherano (cedera) (antara)

TIDAK ADA KOMENTAR

Tulis Komentar

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.