Beranda Nasional

Freeport Papua Ditutup Setelah Kecelakaan Kedua

BERBAGI
Freeport Mcmoran Papua (gb. foxbusines)
Freeport Mcmoran Papua (gb. foxbusines)
Freeport Mcmoran Papua (gb. foxbusines)

Jakarta-berita9online, Pihak berwenang telah memerintahkan perusahaan tambang Freeport McMoRan di Papua untuk menghentikan produksi, beberapa minggu setelah 28 pekerja tewas ketika sebuah terowongan ambruk. Penutupan itu mungkin merupakan pukulan telak terhadap perusahaan raksasa tersebut karena ini berarti mereka tidak dapat memasok tembaga dan emas kepada pembeli seluruh dunia. Sementara, jangka waktu penutupan belum ada kejelasan sampai kapan batas waktunya.

 

Kecelakaan terjadi lagi di tambang itu pada hari Jum’at yang mengakibatkan seorang pekerja dalam kondisi serius di sebuah rumah sakit. Padahal,¬†Freeport McMoRan baru memulai kembali operasinya pada hari Rabu setelah kecelakaan yang menewaskan 28 pekerja di lokasi pada tanggal 14 Mei.

 

Freeport dan pemerintah Indonesia sedang menginvestigasi

Jurubicara Serikat Buruh Virgo Solossa mengatakan, ribuan anggotanya menolak kembali bekerja sampai investigas selesai. Solossa memperkirakan, investigasi mungkin akan makan waktu satu sampai dua bulan.

 

Tambang Freeport telah diguncang serangkaian masalah, termasuk pemogokan besar di tahun 2011 yang berlangsung sampai tiga bulan dan melumpuhkan produksi, dan baru berakhir setelah pihak perusahaan menyetujui kenaikan upah. (ABC Australia)

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.