SBY Akan Pimpin Upacara Pemakaman Taufik Kiemas

BERBAGI
gb sby
Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (gb. thejakartapost)
gb sby
Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (gb. thejakartapost)

Jakarta-berita9online, Baru saja Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan keterangan pers di kediamannya, Puri Cikeas.  Presiden mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas wafatnya Ketua MPR RI, Taufik Kiemas, sore tadi pukul 18.00 WIB di General Hospital, Singapore.

 

Presiden SBY menjelaskan, besuk pagi akan dikirim dua pesawat ke Singapura untuk menjemput jenazah ketua MPR Taufik Kiemas dan keluarga. Yaitu, Pesawat C130 Hercules dan Boeng 737.

Dari Singapura lanjut presiden, kedua pesawat akan berangkat menuju bandara Halim Perdana Kusumah pukul 09.00 waktu setempat. “Di Halim Perdana Kusumah, jenazah akan disemayaman, disholatkan, yang hadir bisa memberikan penghormatan terakhir sebelum dimakamkan di taman makam pahlawan Kalibata, Jakarta”,jelas SBY.

 

SBY besuk pagi juga akan menjemput jenazah di Halim, kemudian SBY akan mendahului berangkat ke Kalibata. Setelah semuanya siap, wapres Boediono akan melepas pemberangkatan jenazah dari Bandara Halim Perdana Kusumah menuju pemakaman.

 

Presiden selaku kepala negara akan memimpin upacara pemakaman jenazah Ketua MPR Taufik Kiemas untuk diistirahatkan  di sisi makam orang tuanya. Meski dalam UU terdapat aturan bahwa bendera setengah tiang harus dikibarkan di instansi yang berkabung, Presiden SBY mengajak kepada seluruh instansi dan rakyat Indonesia agar mengibarkan bendera setengah tiang selama dua hari, sebagai bentuk kecintaan kepada almarhum yang merupakan salah satu negarawan terbaik Indonesia.

 

Presiden SBY berharap, ”Keluarga yang ditinggalkan bisa tabah menghadapi musibah ini, kita iringi kepergian Bapak Taufik Kiemas dengan doa, mohon kepada Allah swt agar tenang di sisiNya”.(AHM)

TIDAK ADA KOMENTAR

Tulis Komentar

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.