Beranda Nasional

Puncak Hari Santri, Kemenag Gelar Komik Sepanjang 300 Meter

BERBAGI
Ilustrasi Hari Santri [islamcendekia]

Jakarta-berita9online, Kementerian Agama akan menggelar puncak peringatan Hari Santri tahun 2017 di Lapangan Simpang Lima Semarang pada 22 Oktober 2017. Peringatan ini akan dimeriahkan dengan pembuatan komik yang akan dicatat oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Komik Terpanjang.

“Sebanyak 31 komikus akan membuat komik terpanjang di atas kanvas sepanjang 300 meter. Pencapaian ini akan dicatat pada MURI. Rekor sebelumnya adalah komik sepanjang 207 meter di Universitas Surabaya tahun 2011”, jelas Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Ahmad Zayadi di Jakarta, Jumat (19/10).

Menurut Zayadi, ke-31 komikus yang akan ikut ambil bagian berasal dari Jawa Tengah selaku tuan rumah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Jawa Barat, DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, dan bahkan Malaysia. Mereka akan membuat komik yang berkisah tentang peran santri dalam sejarah Indonesia.

Peran santri itu akan digambarkan sejak masuknya Islam ke Indonesia, era penjajahan, perang Jawa, perlawanan santri, berdirinya ormas Islam, hingga resolusi jihad 22 Oktober 1945 dan perang 10 November 1945.

“Kerja mereka akan dikoordinatori oleh Direktur Rumah Kartun Indonesia, Abdullah Ibnu Thalhah,” ujar Zayadi.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin juga akan ikut ambil bagian dalam pembuatan komik ini. Menag akan menyumbang goresan dalam bentuk lafadz Allah. “Acara akan dimulai dari pukul 14.00 dan diperkirakan selesai menjelang magrib,” ujarnya.

[Humas]

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.