Beranda Nasional

PKB Dorong Aturan Dinasti Politik Masuk RUU Pilkada

BERBAGI
(foto: pkb)
(foto: pkb)
(foto: pkb)

 

berita9online, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan mendorong adanya aturan soal dinasti politik di dalam RUU Pilkada. RUU itu kini masih dibahas di panitia kerja DPR.

 

Pasalnya, kata Ketua Fraksi PKB Marwan Jafar, praktik dinasti politik sangat tidak baik bagi penyegaran demokrasi dan membahayakan regenerasi politik.

 

“Politik dinasti seringkali mengabaikan etika politik dan mengebiri hak politik orang lain. Menempatkan pejabat bukan karena kapasitasnya tetapi karena kekerabatannya,” kata Marwan di gedung DPR, Jakarta, Rabu (16/10).

 

Menurutnya, politik dinasti akan menumbuhkan oligarki politik serta tidak sehat bagi upaya regenerasi kepemimpinan politik. Sebab, kekuasaan hanya dikuasai oleh beberapa orang yang berasal dari satu keluarga tanpa memberi ruang pihak lain untuk berpartisipasi.

 

Selain itu, praktik dinasti politik akan berdampak buruk bagi akuntabilitas birokrasi dan pemerintahan, karena cenderung serakah serta marak korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

 

“Pemerintahan lebih berorientasi mencari keuntungan untuk keluarga, bukan demi kemaslahatan dan kesejahteraan rakyat. Politik dinasti harus kita batasi, jangan sampai terulang terus di kemudian hari,” jelas Marwan.

 

“Untuk itu, PKB menolak adanya politik dinasti dan mendukung penuh dimasukannya klausul yang mengatur tentang larangan politik dinasti dalam RUU Pilkada demi menciptakan iklim demokrasi yang sehat dan bermartabat,” tegas anggota Komisi V tersebut.[dem/rmol]

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.