Beranda Nasional

Pilot Mogok, Merpati Batal Terbang

BERBAGI
(foto: airlines)
(foto: airlines)
(foto: airlines)

 

 

Jakarta-berita9online, Ketua Forum Pegawai Merpati, Sudiyarto, mengatakan tidak adanya penerbangan yang dilakukan PT Merpati Nusantara Airlines pada Sabtu lalu, 25 Januari 2014, dipicu oleh ancaman mogok yang dilakukan oleh para pilot. “Karena ada ancaman mogok dari pegawai, pihak manajemen mengantisipasi dengan meniadakan penerbangan pada Sabtu lalu,” kata Sudiyarto di Jakarta, Ahad, 26 Januari 2014.

 

Menurut dia, ancaman mogok disebabkan protes para pilot karena gaji yang tidak dibayarkan selama dua bulan. Selain gaji, para pilot juga memprotes bayaran mereka atas jam terbang yang tak kunjung dipenuhi perusahaan.

 

Untuk melakukan mogok, para pilot tersebut kemudian mengirim surat pemberitahuan pemogokan pada manajemen. Tapi, untuk dapat melakukan mogok, prosedur yang dilakukan adalah harus mengurus pemberitahuan ke Dinas Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan dan Dinas Tenaga Kerja.

 

“Tapi sepertinya sebelum mengurus ke kedua instansi ini. Tapi manajemen sudah terlanjur meniadakan saja semua penerbangan untuk antisipasi. Jadi hitungannya tidak mogok tapi diliburkan karena sebenarnya para pilot tidak jadi mogok,” kata Sudiyarto.

 

Sudiyarto mengatakan para pilot sudah kembali bertugas dengan normal mulai Ahad, 26 Januari 2014. Tapi, aksi mogok tetap akan dilakukan. Menurut dia, para pilot berencana untuk kembali melakukan mogok pada 1 Februari mendatang jika kejelasan mengenai pembayaran tidak dilakukan sampa 30 Januari. “Jadi kalau belum ada kejelasan nanti mereka akan melakukan mogok pada 1 Februari. Jadi mereka sekarang masih menunggu pihak manajemen,” katanya.

 

Para pekerja, kata Sudiyarto, juga mempertanyakan arah kebijakan perusahaan. “Ini serba tidak jelas, mereka juga menuntut transparansi mengenai arah perusahaan ke depan,” katanya.

 

Berdasarkan data Angkasa Pura II, pada pukul 10.00 WIB – 16.55 WIB ada 204 penerbangan yang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta. Salah satu penerbangan tersebut adalah penerbangan menuju Surabaya oleh Merpati dengan nomor penerbangan MZ 0336. Penerbangan itu dijadwalkan berangkat pada 11.40 WIB. Namun dalam kolom actual, kolom yang berisi waktu keberangkatan pesawat yang sebenarnya, tercantum simbol “-“.

 

Sementara itu untuk Ahad ini, tidak ada penerbangan Merpati yang dijadwalkan mendarat di Bandara Soekarno-Hatta dari total 206 kedatangan pada pukul 10.00 WIB – 16.55 WIB

(Tempo)

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.