Beranda Nasional

Penyebab Gempa Kebumen Terasa Sampai Jakarta

BERBAGI
Masjid yang roboh akibat gempa (foto: detjik)
Masjid yang roboh akibat gempa (foto: detjik)
Masjid yang roboh akibat gempa (foto: detjik)

 

 

Jakarta-berita9online, Gempa di lepas pantai selatan Kebumen, Jawa Tengah terasa sampai ke Jawa Timur bahkan Jakarta di utara Jawa. Apa penyebab warga Jakarta ikut merasakannya?

 

“Lokasi kedalaman tidak dalam tapi juga tidak dangkal. Ini jadinya goncangan terasa cukup jauh. Kalau terlalu dalam tidak terasa,” ujar Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG Suharjono, ketika dihubungi detikcom, Sabtu (25/1/2014).

 

Menurut Suharjono, kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut tidak besar. Sebab jarak gempa lebih dari 100 km dari daratan.

 

“Gempa ini jaraknya 100 km lebih dari daratan. Kalau jarak tidak terlalu jauh, akan berakibat kerusakan. Jika jaraknya cukup jauh, maksimal goncangan 5-6 MMI,” terang Suharjono.

 

BMKG merevisi skala besaran gempa dari 6,5 SR menjadi 6,2 SR. Kedalaman gempa juga direvisi dari 48 km ke 79 km. Gempa tidak berpotensi tsunami.

 

“Setelah menerima laporan dari berbagai stasiun pemantauan, update per jam 12.38 WIB, informasi magnitude 6,2 SR posisi di 8.22 LS-109.22 BT dengan kedalaman 79 km,” kata petugas ruang operasional gempa BMKG, Novita ditemui detikcom di kantor BMKG, Jalan Angkasa 2, Kemayoran, Jumat (25/1/2014).

 

Selain di Jakarta, gempa juga dirasakan warga di Bandung bahkan Malang, Jawa Timur.(detik)

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.