Beranda Nasional

Menteri BUMN Izin Presiden untuk Aktifkan Jalur Kereta Jakarta-Sukabumi

BERBAGI
Peta Jakarta-Sukabumi (foto: bumiblogger)
Peta Jakarta-Sukabumi (foto: bumiblogger)
Peta Jakarta-Sukabumi (foto: bumiblogger)

 

Sukabumi-berita9online, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan meminta izin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk mengaktifkan kembali jalur kereta api Jakarta-Sukabumi yang sudah lama tidak beroperasi. Hal ini disampaikan Dahlan saat menghadiri acara penandatanganan komitmen dukung BPJS antara 140 BUMN dan PT Askes (Persero) di Sukabumi, Jabar, Senin, (21/10).

 

Menurut Dahlan, pengaktifan kembali jalur kereta api Jakarta-Sukabumi sebenarnya bukan tugas kementeriannya. Oleh karena itu, kata dia, harus mendapatkan izin presiden terlebih dahulu.

 

“Sebetulnya ini bukan tugas kami tetapi kami mohon izin bapak Presiden jika diperkenankan BUMN siap melaksanakan itu. Dulu pernah ada kereta api, tapi sudah lama tidak digunakan,” ujar Dahlan.

 

Dahlan mengaku ide itu muncul setelah ia mendengar banyak keluhan masyarakat terkait sulitnya akses kendaraan jalur darat menuju Sukabumi. Itu belum ditambah kemacetan yang ditimbulkan karena menuju Sukabumi hanya bisa mengendarai mobil dan motor saja.

 

Untuk menjalankan rencana itu, Dahlan menyatakan pihaknya telah melakukan survei secara langsung infrastruktur kereta api yang saat ini ada di Sukabumi. Menurutnya untuk mengaktifkan kembali jalur kereta itu tidak akan mengeluarkan anggaran yang besar.

 

“Kami sudah melihat relnya yang dulu masih bagus dan tinggal mengirim kereta dan gerbong-gerbongnnya saja,” tandas Dahlan.(flo/jpnn)

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.