Beranda Nasional

Jatim Gelar “Suroboyo Sarungan” Sambut Ramadhan

BERBAGI
gb. sarungan
Sarungan, budaya berbusana muslim Indonesi (gb. azis)
gb. sarungan
Sarungan, budaya berbusana muslim Indonesi (gb. azis)

Surabaya-berita9online, Gubernur Jawa Timur Soekarwo meluncurkan kegiatan “Suroboyo Sarungan” menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1434 Hijriah yang digelar oleh salah satu media cetak harian terbitan Surabaya, Duta Masyarakat, di Gedung Astranawa Surabaya, Kamis.

 

“Pemprov Jatim sangat mengapresiasi kegiatan ini untuk membangun konsep spiritual dan nasionalisme. Sebuah ide bagus menempatkan Surabaya sebagai tempat ide, basis, dan implementasinya. Apalagi, sarung merupakan simbol spiritual dan nasionalisme,” katanya.

 

Kegiatan “Suroboyo Sarungan” resmi diluncurkan secara simbolis dengan pukulan bedhug oleh gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo tersebut.

Ia ditemani Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf dan Ketua DPRD Surabaya M. Machmud, yang didampingi pemilik Harian Umum Duta Masyarakat Choirul Anam.

 

Dalam kesempatan itu, Pakde Karwo menyampaikan langkah-langkah Pemprov Jatim menyambut bulan puasa, salah satunya pengiriman surat dan mendorong kabupaten/kota untuk menghormati Puasa. Semisal, tempat yang tidak pantas harus ditutup serta aturan tentang rumah makan.

 

Sedangkan, pemilik Duta Masyarakat Choirul Anam mengatakan, menyambut Ramadhan tahun ini, pihaknya mengajak masyarakat bersama-sama dalam kegiatan “Suroboyo Sarungan” dan berharap membawa dampak postif bagi kehidupan umum.

 

“Ini wujud pembangunan budaya yang konkret dan melaksanakan rasa saling menghormati serta menjaga ketertiban selama Ramadhan,” kata pria yang akrab disapa Cak Anam tersebut.

 

Pengusaha yang juga Ketua Umum PKNU itu menjelaskan kegiatan ini salah satunya dengan membagikan takjil terhadap pengendara di jalan selama bulan puasa di 20 titik lampu lalu lintas. Total, pihaknya menyiapkan 5.000 takjil setiap harinya selama 20 hari, yakni 1-20 Ramadhan.

 

“Pembagian takjil dengan pasukan bersarung ini menjadi penting karena banyak pengguna jalan yang kesulitan untuk memperolehnya. Ada 100 mahasiswa yang sudah siap membantu menyukseskan program ini,” kata dia.

 

Beberapa titik yang menjadi lokasi pembagian takjil antara lain “Traffic Light” (TL) Jalan Raya Darmo, TL depan Kebun Binatang Surabaya, TL Jalan Margorejo, TL Mayjen Sungkono, TL Jalan Sumatera, TL Jalan Pahlawan, TL Jalan Kertajaya, TL Jalan Panjang Jiwo dan sejumlah titik lainnya.

 

Sementara itu, Head of Marketing Communication PT Behaestex Ahmad Farukinata mengaku mendukung penuh kegiatan “Suroboyo Sarungan” ini. Pihaknya bahkan telah membantu 1.000 potong sarung khusus acara pembukaan.(antara)

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.