Beranda Nasional

Hamdi Muluk: Semua Orang Merapat ke Jokowi, Menyebalkan Itu!

BERBAGI
Pakar Psikologi Politik UI, Prof DR Hamdi Muluk [foto: indonesiarayanews]
Pakar Psikologi Politik UI, Prof DR Hamdi Muluk [foto: indonesiarayanews]
Pakar Psikologi Politik UI, Prof DR Hamdi Muluk [foto: indonesiarayanews]

Jakarta-berita9online, Gegap gempita alias euforia menyambut pencapresan Joko Widodo diharapkan tidak terlalu besar-besaran dalam jangka waktu panjang. Pasalnya, terpusatnya perhatian masyarakat dan politisi kepada sosok Jokowi menutup kemungkinan capres yang memiliki kredibilitas lebih mumpuni untuk muncul.

 

“Pesaing Jokowi tidak ada yang terlalu prospek melawan Jokowi. Semua orang sekarang merapat ke Jokowi. Menyebalkan itu,” kata pakar psikologi politik Universitas Indonesia (UI) Hamdi Muluk usai diskusi di kantor Indikator Politik Indonesia, Jalan Cikini V, Jakarta, Selasa (18/3).

 

Menurutnya, Pemilu 2014 seharusnya diwarnai perpolitikan yang segar. Bukan hanya mengandalkan figur yang menjadi pemberitaan media lantaran memiliki kekuatan moral innocence.

 

Dia menilai tidak perlu ada pemilihan presiden 9 Juli mendatang tak perlu jika semua pihak sudah menjadi pengikut Jokowi. “Politik yang bagus itu kita perlu gagasan segar, kalau semua merapat (ke Jokowi) tidak usah pemilu kita. Pilwapres saja,” cetusnya.

 

Ditambahkan Hamdi, dengan kompetisi ketat setiap capres tanpa adanya keberpihakan terhadap salah satu figur, maka masyarakat dapat membuka mata untuk belajar berdemokrasi. “Kita ingin lihat kompetisi yang ketat karena dari situ kita belajar demokrasi elegan,” tegasnya.

[zul/rmol]

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.