Carut Marut Perpolitikan Kita

BERBAGI
bambang s
penaone.com

bambang sJakarta-Berita9Online-Politikus partai Golkar Bambang Soesatyo berpendapat sampai saat ini tidak ada satupun partai yang sudah menyiapkan blue print untuk bangsa ini. Bambang pesimis ada agenda perubahan yang disiapkan partai poliltik (parpol) untuk bisa diimplementasikan manakala mereka diberi amanah. Yang selama Hanya terbaca indah di atas kertas, minim realisasi.

Carut marut Ujian Nasional (UN) baru-baru ini juga akibat ulah parpol dalam mengelola negara ini. “Kita tidak bisa berharap pada parpol bila sistem tidak diubah”, tegas Bambang. Menurutnya saat ini ada empat jenis partai di Indoesia. Pertama, partai yang dikelola dengan asas kekeluargaan. Kedua, partai yang dikelola seperti perusahaan tertutup. Ketiga, partai yang dikelola seadanya, dan ke empat partai yang dikelola semi terbuka.

Saat ini para calon anggota legislatif (caleg) sedang sikut-sikutan dengan temannya sendiri, tapi begitu masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT), dia akan kebingungan karena biaya kampanye yang begitu tinggi. Paling tidak untuk DPR RI dibutuhkan biaya 1,2 milyar. Bagi caleg yang tidak bermodal ini adalah masalah serius. Mereka bisa dimodali oleh pihak-pihak tertentu sehingga integritasnya tidak bisa diandalkan ketika menjadi anggota dewan. Bila tidak, caleg akan hutang kesana kemari yang tentunya akan kejar setoran bila berhasil menjadi anggota. Belum lagi perubahan gaya hidup, semula sudah cukup dengan mobil 100 juta-an, karena melihat anggota lain menggunakan mobil mewah, tak pelak keinginan membeli mobil bagus seolah menjadi kebutuhan utama.

Problema lain bakal calon adalah ketika harus turun ke daerah. Untuk mengumpulkan massa tentu dituntut untuk menyediakan biaya sejumlah massa yang hadir dan nilainya minimal setara dengan pendapatan sehari massa oleh karena harus libur kerja. Dan saat ini nilainya sudah mencapai 50 sampai dengan 100 ribu per orang. Demikian yang dikatakan Bambang Susatyo dalam sebuah acara ‘Diskusi Ekonomi Politik Soekarno-Hatta yang diselenggarakan Gallery Coffe, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, 17/4/2013, bertajuk Agenda Perubahan Versi Partai Politik Peserta Pemilu 2014. (smha)

1 KOMENTAR

Tulis Komentar

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.