Beranda Kesehatan

Rutin Olahraga Mampu Tingkatkan Prestasi Anak di Sekolah

BERBAGI
(foto: 123rf)
(foto: 123rf)
(foto: 123rf)

 

 

berita9online, Agar prestasi anak di sekolah meningkat, banyak orang tua yang berusaha memberi anaknya berbagai macam les. Padahal, olahraga teratur juga bisa meningkatkan prestasi anak.

 

Penelitian di Inggris yang menemukan bahwa olahraga teratur bisa meningkatkan nilai anak di sekolah. Temuan studi yang dipublikasikan di British Journal of Sports Medicine itu mengatakan bahwa semakin aktif fisik anak-anak, maka performa mereka di sekolah juga makin baik.

Aktivitas fisik sudah lama diklaim bisa meningkatkan kekuatan otak, tapi hanya sedikit bukti ilmiah yang mendukung hal itu.

 

Pada studi ini, peneliti dari Inggris, Skotlandia, dan Amerika Serikat mengukur tingkat aktivitas fisik 5.000 anak usia 11 tahun dengan memakai alat pengukur gerak, accelerometer, selama seminggu.

 

Prestasi akademik mereka di mata pelajaran Bahasa Inggris, matematika, dan science dinilai pada usia 11, 13, dan 16. Anak-anak yang sudah aktif pada usia 11 tahun memiliki nilai yang lebih baik di tiga mata pelajaran tersebut, dibandingkan dengan anak yang aktif di usia 13 dan 16 tahun.

 

Latihan 17 menit per hari, bisa meningkatkan kemampuan anak laki-laki berumur 11 tahun. Sedangkan, pada anak perempuan, olahraga 12 menit per hari bisa berpengaruh sampai ia berusia 16 tahun.

 

“Namun yang mengkhawatirkan, rata-rata anak laki-laki melakukan olahraga rutin selama 29 menit dan perempuan sekitar 18 menit. Itu jauh lebih rendah dari waktu yang disarankan yaitu 60 menit,” kata salah satu peneliti dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir laman The News, Senin (9/12).

 

Temuan ini mendorong peneliti untuk merekomendasikan sekolah-sekolah menerapkan olahraga rutin selama 60 menit guna membantu meningkatkan prestasi murid-muridnya.

 

Meski begitu, peneliti juga menyesuaikan hasil studi dengan faktor lain misanya berat lahir anak, apakah ibunya merokok saat hamil, berat badan, dan latar belakang ekonominya.(fny/jpnn)

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.