Beranda Kesehatan

Rumah Lembab Picu Asma Anak Anda!

BERBAGI
gb. asma
(gb. batukpilek)
gb. asma
(gb. batukpilek)

berita9online, Asma bisa menyerang siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Gangguan pernafasan ini memang dapat kambuh dimana saja. Bila si penderita terlihat sulit bernafas secara tiba-tiba, tentunya hal ini akan membuat anda panik.

 

Perlu anda tahu, ternyata tinggal di rumah lembab atau berjamur juga dapat menyebabkan asma, alergi, demam dan eksim pada anak-anak. Baru-baru ini, penelitian yang diklaim sebagai penelitian terbesar di dunia, meneliti hubungan antara rumah lembab dan kondisi pernapasan dan alergi, melibatkan 46.000 anak dari 20 negara, dan menemukan bahwa hidup di rumah lembab atau berjamur sangat berkaitan dengan resiko asma.

 

“Masalah penyebab asma pada anak-anak adalah kelembaban rumah itu sendiri, dan hal ini diperparah jika ada debu dan jamur tumbuh dirumah yang kondisinya lembab,” kata peneliti dari University of Otago, Wellington, Profesor Julian Crane, seperti yang dilansir laman MSN .news, Minggu (30/6).

 

Jamur bisa tumbuh pada benda-benda lembab seperti gorden kamar mandi, alat-alat mandi, bak kamar mandi, atau lantai kamar mandi. Yang bisa anda lakukan adalah membersihkan jamur dengan air dan sabun.

 

Hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah munculnya jamur adalah, dengan membuka jendela kamar mandi pada saat mandi, segera betulkan pipa atau jalan air lain yang bocor, dan keringkan benda-benda yang lembab dan basah sehari atau dua hari sekali untuk mencegah pertumbuhan jamur. Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Clinical and Experimental Allergy.(fny/jpnn)

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.