Beranda Kesehatan

Polusi Udara Penyebab Utama Kanker Paru-paru

BERBAGI
Angkutan Umum di Jakarta sebagai salah satu kontribusi polusi di Jakarta (foto: merdeka)
Angkutan Umum  di Jakarta sebagai salah satu kontribusi polusi di Jakarta (foto: merdeka)
Angkutan Umum di Jakarta sebagai salah satu kontribusi polusi di Jakarta (foto: merdeka)

 

berita9online, Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan bahwa udara yang kita hirup telah terkontaminasi oleh zat berbahaya yang menjadi penyebab utama kanker paru-paru.

 

International Agency for Research on Cancer (IARC) mengutarakan bahwa pada tahun 2010, sekitar 223.000 kasus kematian diseluruh dunia disebabkan oleh kanker paru-paru akibat polusi udara, bahkan ada bukti yang meyakinkan polusi udara juga meningkatkan risiko kanker kantung kemih.

 

Polusi udara sudah diketahui dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis seperti penyakit pernapasan dan penyakit jantung. Namun itu semua tergantung pada tingkat paparan dari berbagai negara belahan dunia.

 

Dalam sebuah pernyataan pada jumpa pers di Jenewa, Swiss, beberapa waktu lalu, wakil kepala badan kanker dunia di WHO, Dana Loomis, mengatakan,”Tugas utama kami adalah untuk mengevaluasi semua udara dan bukan hanya pada polusi udara dalam kondisi tertentu.”

 

Menurut hasil survei yang dilakukan oleh badan kanker dunia, risiko meningkatnya kanker paru-paru secara signifikan terjadi pada orang yang terkena polusi udara, yang sebagian besar disebabkan oleh transportasi, pembangkit listrik, dan emisi industri, namun risiko yang sama juga ditemukan pada asap rokok.

 

Survei ini juga menunjukan tingkat paparan polusi udara telah meningkat pada beberapa negara di dunia dengan populasi besar dan memiliki industri yang maju, salah satunya Cina.
Di Indonesia sendiri penyakit pernapasan menempati urutan ke empat dari daftar penyebab kematian.(yahoo)

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.