Pakar Australia Usulkan Strategi Nasional Perangi Diabetes

BERBAGI
gb ilustrasi diabet
(gb. articlesbeach)
gb ilustrasi diabet
(gb. articlesbeach)

berita9online, Pakar kesehatan di Australia mengusulkan strategi nasional untuk memerangi diabetes karena penyakit itu menjadi kendala besar keuangan terhadap sistem kesahatan selama lima tahun.

 

Para pakar mengatakan diabetes tipe menghabiskan biaya hingga $14.6 milyar (AUS) setahun dan angka itu akan terus meningkat hingga $30 milyar (AUS) dalam 12 tahun mendatang. Semua bentuk diabetes – tipe-1, diabetes tipe-2 dan gestational – meningkat dalam prevalensi.

 

Australia Diabetes CEO, Profesor Greg Johnson, mengatakan kepada National Press Club bahwa setidaknya 1,5 juta warga Australia memiliki diabetes, dan terus berkembang dengan hampir 100.000 warga Australia pada tahun lalu.

 

Profesor Johnson mengatakan ada 280 warga Australia yang didiagnosis diabetes setiap hari. “Tidak ada hal seperti diabetes ringan, Semua jenis diabetes serius dan dapat mengakibatkan komplikasi” kata Profesor Johnson. Sebagai contoh, pasien diabetes berpotensi terkena serangan jantung atau stroke.

 

Strategi ini termasuk mengambil tindakan ntuk mencegah berkembangnya orang-orang terkena diabetes tipe-2, manajemen yang lebih baik buat orang-orang dengan kondisi tersebut, dan untuk mengurangi dampak dari diabetes masa kehamilan dan anak-anak.

 

Profesor Stephen Colagiuri dari University of Sydney mengatakan ada lebih dari 2 juta warga Australia dengan pra-diabetes dan berisiko tinggi.

“Pencegahan diabetes tipe-2 pada populasi ini terbukti dan mungkin. Itulah mengapa Australia perlu menempatkan program pencegahan nasional,” katanya.

 

Para ahli kesehatan mengatakan strategi perlu didukung oleh semua pemerintah di negara bagian, asuransi kesehatan, pengusaha dan asuransi kompensasi pekerja untuk memastikan mengurangi biaya dan peningkatan produktivitas.

 

Mereka berharap rencana tersebut akan dilaksanakan oleh pihak mana yang memenangkan pemilihan federal. (abc radio australia)

TIDAK ADA KOMENTAR

Tulis Komentar

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.