Beranda Kesehatan

Olahraga Intensif Bisa Kurangi Risiko Flu

BERBAGI
Olah raga bersepeda [foto: twincities]
Olah raga bersepeda [foto: twincities]
Olah raga bersepeda [foto: twincities]

 

berita9online, Melakukan olahraga intensif selama dua setengah jam setiap minggu mengurangi risiko terserang flu, demikian temuan sebuah penelitian.

 

Sekitar 4.800 orang berpartisipasi dalam Flu Survey, sebuah jajak pendapat tahunan yang diadakan oleh London School of Hygiene and Tropical Medicine. Olahraga ringan tampaknya tidak memberikan efek perlindungan dari flu, kata para peneliti.

 

Dr Alma Adler, dari London School of Hygiene and Tropical Medicine, mengatakan, “Kita harus memperlakukan hasil ini dengan hati-hati karena ini baru temuan awal.

 

“Namun penelitian ini konsisten dengan temuan untuk kondisi lain dan benar-benar menunjukkan manfaat kesehatan dari olahraga.”

 

Secara keseluruhan, jumlah orang yang terserang flu di Inggris pada musim dingin tahun ini menunjukkan penurunan dibanding tahun sebelumnya.

 

Berlari atau bersepeda
Flu Survey yang tahun ini memasuki tahun kelima, berusaha melacak sebanyak mungkin keterangan rinci mengenai siapa yang terserang dan tidak terserang fu.

 

Salah satu pertanyaan yang harus dijawab peserta jajak pendapat ketika mendaftar selain usia adalah berapa jam mereka melakukan “olahraga intensif” setiap pekan.

 

Selain itu mereka juga ditanya apakah tinggal dengan anak-anak serta apakah mereka pernah divaksinasi.

 

Olahraga intensif yang dimaksud meliputi lari, bersepeda cepat atau olahraga kompetitif lain yang berdurasi hingga lima jam.
Mereka juga diminta untuk mencatat waktu olahraga setiap minggu dan menulis bagaimana perasaan mereka serta apakah mereka mengalami gejala mirip flu.

[bbc]

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.