NU Lampung Peduli HIV/AIDS

BERBAGI
hiv/aids
hiv/aidsLampung – Berita9Online – Bertempat di Aula PWNU Lampung, Jl. Cut Mutia, Bandar Lampung, Sabtu lalu, 6/4, bertepatan 25 Jumadil Akhir 1434 H  PWNU Lampung mengadakan pertemuan antarmitra NU dalam penanggulangan HIV/AIDS khususnya di Provinsi Lampung.
Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immunodeficiency Syndrome (HIV/AIDS) merupakan wabah serius yang bukan hanya menjadi persoalan kesehatan semata, melainkan sudah menjadi persoalan sosial dengan berbagai aspek lainnya.
Karena itu, organisasi sosial keagamaan terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU), merasa terpanggil untuk memerangi penyebaran virus mematikan yang meng­hantui masyarakat. Melalui gerakan jihad NU akan melawan penularannya yang terus meluas saat ini.
Genderang perang terhadap HIV/AIDS disampaikan oleh Ketua Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Lam­pung K.H. R. Soleh Bajuri saat memberikan sambutan pada pertemuan antarmitra NU dalam penanggulangan HIV/AIDS.
Sesuai Hadis Rasulullah saw. berbunyi “Bukan umatku (Rasulullah) jika tidak peduli terhadap sesama”. Atas dasar itu, NU terpanggil untuk ikut serta mengatasi penularan HIV/AIDS ini.
Menurut beliau, jihad melawan penularan HIV/AIDS bukan sekadar slogan bagi PWNU Provinsi Lampung dan seluruh nahdliyin. Ia mengajak warga nahdliyin menjadi garda terdepan penanggulangan dan pencegahan HIV/AIDS. PWNU Lampung menggarisbawahi pentingnya upaya nyata yang telah teruji dan dengan melibatkan semua unsur, termasuk pe­merintah, ulama, dan masyarakat dalam penanggulangan HIV AIDS di Sang Bumi Ruwa Jurai.
“Para kader dan generasi muda Nahdlatul Ulama harus berada di garda ter­depan dalam mengampanyekan ancaman dan bahaya HIV/AIDS serta pencegahan dan penanggulangannya secara arif dengan menjunjung tinggi nilai-nilai ahlus­sunnah wal jamaah,” ujarnya dalam siaran persnya, kemarin.
Selain itu, ormas keagamaan ini bahu-membahu dengan merangkul berbagai elemen masyarakat dan mitra kerja terkait untuk memerangi penyebaran virus me­matikan tersebut. Seperti menjalin kerja sama dengan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Lampung dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung, Skala Per­kumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Lampung, Saburai Support Group (SSG) Lampung.
“NU memiliki beberapa program dalam penanggulangan HIV/AIDS, salah satunya yaitu penjangkauan populasi kunci yang saat ini dikerjakan oleh Skala PKBI selaku SSR NU dan dukungan ODHA dalam ben­tuk pendampingan yang saat ini dikerja­kan oleh SSG Lampung,” ujar dia.
Kerja sama ini diharapkan dapat menca­pai tujuan pemerintah, yakni three zeroes (tidak ada infeksi baru, tidak adanya dis­kriminasi terhadap ODHA, dan tidak ada yang meninggal karena AIDS). (A Syarif Kurniawan)

TIDAK ADA KOMENTAR

Tulis Komentar

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.