Beranda Kesehatan

Kontrasepsi Implan Ampuh Cegah Kehamilan Selama 3 Tahun

BERBAGI
gb. kbimplant
(gb. tundakehamilan,com)
gb. kbimplant
(gb. tundakehamilan,com)

Jakarta-berita9online, Alat kontrasepsi jenis implan kini mulai diminati masyarakat. Pasalnya selain efektif dari segi pemasangan, tingkat kegagalannya pun kecil.

 

Dokter Spesialis Kandungan dari RS Ibu dan Anak Brawijaya, Dr Prima Progestian SpoG mengatakan, dewasa ini para ibu yang ingin menjadi calon akseptor KB sudah lebih cerdas memilih alat kontrasepsi jangka panjang yang efektif dan terbilang aman. Menurutnya, kontrasepsi implan menjadi salah satu pilihan alat kontrasepsi jangka panjang yang dinilai pas. Selain efektif dari segi pemasangan karena bisa dipasang dimana saja (tergantung pilihan si ibu), tingkat kegagalan implan pun kecil.

 

“Bisa 0,5 – 1 persen tingkat kegagalannya dari seluruh pemasangan. Dan pemasangannya pun tak hanya di lengan, implan atau yang kerap disebut susuk kuga bisa di pasang di bawah kulit perut. Tergantung keinginan pasiennya saja,” jelas Prima dalam keterangan persnya, Senin (24/6).

 

Dijelaskannya, implan satu batang merupakan sebuah inovasi yang terbilang efektif, dari segi pemasangan. Pasalnya, kontrasepsi ini hanya terdiri dari satu batang yang berisikan etonogestrel dan langsung disuntikkan pada calon akseptor.

“Implan ini efektif mencegah kehamilan selama 3 tahun. Dan, dari segi hargapun implan saat ini sudah terjanglau. yang awalnya senilai jutaan rupiah, kini pemasangan implan hanya berkisar ratusan ribu saja, ” jelasnya.

 

Dalam uji klinis, kandungan progestin dalam implan tidak menekan estrogen sepenuhnya sehingga kepadatan mineral tulang tetap terjaga dalam jumlah aman dan dapat menghindarkan dari risiko osteoporosis. Implan juga terbukti tidak menyebabkan kanker dan aman untuk ibu menyusui maupun penderita diabetes atau hipertensi.

 

Dalam perkembangannya, kandungan hormon dalam implan sudah jauh menurun dan hormon yang digunakan makin mendekati hormon alami tubuh. Penggunaan implan justru berhasil menurunkan risiko kehamilan ektopik dan menurunkan sakit atau nyeri menstruasi.

Sementara itu Sudjarwo Rinahati SSP, Manager Unit Pelaksana Bidan Delima Jawa Tengah, menjelaskan, kontrasepsi implan, terlebih implan satu batang memiliki tingkat efektivitas yang tinggi dibanding implan jenis lain.

“Di sini, ibu-ibu “grudukan” pada minta dipasang implan jenis ini karena melihat ada beberapa kasus kegagalan kontrasepsi IUD,” ungkapnya.

 

Menurut Bidan Djarwo, Beberapa keuntungan Implan satu batang sebagai metode kontrasepsi jangka panjang adalah praktis. “Cukup sekali datang ke tenaga medis terdekat, Dokter atau bidan terlatih untuk proses pemasangannya. Implan akan melindungi Anda dari kehamilan hingga tiga tahun,” tandasnya.

 

Lebih lanjut dijelaskan Bidan Djarwo, dari segi keamanannya, tidak perlu khawatir dengan pemakaian Implan. Akseptor dapat melepas Implan apabila menginginkan untuk segera hamil.

“Kandungan hormon yang terdapat pada batang silastiknya tidak akan mengganggu kesuburan Anda,” tambahnya.(esy/jpnn)

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.