Diabetes, Diam-Diam Mengancam Pria

BERBAGI
suntik insulin untuk penderita diabetes (foto: bostonmagazine)
suntik insulin untuk penderita diabetes (foto: bostonmagazine)
suntik insulin untuk penderita diabetes (foto: bostonmagazine)

 

 

Jakarta-berita9online, Tak ada yang tahu kapan diabetes mulai menggerogoti tubuh Anda. Penyakit yang satu ini, biasanya muncul diam-diam, tanpa gejala. Selama bertahun-tahun, kadar gula darah merayap semakin tinggi, akhirnya masuk ke dalam urin. Akhirnya, buang air kecil frekuensinya bertambah dan sering merasa haus. Kondisi itulah yang biasanya membuat para penderitanya memeriksakan diri ke dokter. Begitu disebutkan Darwin Labarthe, MD, MPH, PhD, Direktur Divisi Penyakit Jantung dan Stroke di Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

 

Kelebihan glukosa bertindak seperti racun yang secara perlahan menjalar ke seluruh pembuluh darah dan saraf yang ada di mana-mana di dalam tubuh. Serangan jantung, stroke, kebutaan, gagal ginjal, dan amputasi adalah dampak diabetes yang banyak dialami ribuan penderitanya.

 

Anak laki-laki yang lahir pada tahun 2000, dikhawatirkan memiliki kesempatan satu-dalam – tiga terkena diabetes dalam hidup mereka. Kegemukan dan obesitas cenderung mempertinggi risiko epidemi diabetes. “Kombinasi dari diabetes dan obesitas dapat menghapus beberapa penurunan risiko penyakit jantung dalam beberapa dekade terakhir,” ujar Labarthe memperingatkan.

 

Disebutkan juga bahwa olah raga, dikombinasikan dengan diet sehat, bisa mencegah diabetes tipe 2. Penurunan berat badan dalam jumlah sedang dan 30 menit sehari beraktivitas fisik akan mengurangi kemungkinan diabetes lebih dari 50 persen pada laki-laki yang berisiko tinggi terkena diabetes. (Sdj/tempo)

TIDAK ADA KOMENTAR

Tulis Komentar

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.