Beranda Kesehatan

Cara Menangani Buah Berformalin

BERBAGI
gb. buah impor
Buah impor (gb. necturajus)
gb. buah impor
Buah impor (gb. necturajus)

Jakarta-berita9online, Pusat Kajian Buah Tropika Institut Pertanian Bogor (PKBT-IPB) menyarankan mencuci buah dengan sabun sebagai cara mengantisipasi dugaan formalin pada buah.

 

“Ada kalanya konsumen kesulitan mengetahui apakah buah yang dibelinya bebas formalin atau tidak. Biasanya formalin ada di bagian luar,” kata Prof. Dr. Ir. Sobir, Ms dari Pusat Kajian Buah Tropika (PKBT) Institut Pertanian Bogor (IPB), saat menjadi pembicara dalam bincang-bincang di “Indonesia Fruit 2013”, Sabtu siang.

Ia pun mengajurkan agar kulit buah tidak dikonsumsi dan dikupas terlebih dulu.

 

Penggunaan formalin di buah bertujuan agar buah terlihat segar meski saat itu bukan saatnya panen buah yang bersangkutan. Formalin biasanya terdapat di lapisan luar buah.

 

Menurutnya salah satu ciri buah yang menggunakan formalin adalah terlihat segar namun keras ketika dipegang. Berdasarkan pengamatannya, ia melihat penggunaan formalin biasanya ada di buah impor. Pada buah lokal, kejadian itu hampir tidak ada.

 

Hal itu disebabkan oleh penanganan pasca panen buah lokal yang kurang baik. Ada kalanya buah terlihat tidak bagus lagi meski baru beberapa waktu dipanen.¬†“Formalin diberikan saat buah masih bagus,” katanya. (antara)

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.