Beranda Kesehatan

Agar Sperma Lincah Buahi Sel Telur

BERBAGI
(gb. livescience)
(gb. livescience)
(gb. livescience)

berita9online, Sperma yang lincah dan sehat diperlukan untuk dapat membuahi sel telur. Sayangnya, gaya hidup masa kini yang tidak sehat seringkali merusak kualitas sperma pria. Berikut beberapa jurus sehat yang dapat membuat sperma makin lincah untuk membuahi sel telur.

 

1. Vitamin D

Sebuah studi menunjukkan bahwa pria dengan jumlah vitamin D tinggi dalam darah memiliki sperma perenang terbaik. Para peneliti yang mengambil sampel darah dan sperma dari 300 pria selama setahun menemukan bahwa pria dengan vitamin D terbanyak di darah, rata-rata 14 persen lebih mungkin menjadi ‘progressively motile’, yang berarti sperma dapat menggeliat lebih cepat dibandingkan dengan orang-orang dengan kadar vitamin D rendah.

“Vitamin D memulai serangkaian sinyal yang memungkinkan ekor sperma berputar lebih cepat. Dengan ekor yang lebih cepat berarti sperma lebih cepat menerobos dinding luar dari sel telur dan menghasilkan pembuahan,” kata pemimpin stud,i Martin Blomberg Jensen, MD, seperti dilansir laman Health-five, Senin (2/9).

 

2. Folat atau Vitamin B9

Pria yang tidak mendapatkan cukup folat, yang juga disebut vitamin B9, menghasilkan sperma 20 persen lebih banyak mengandung kromosom ekstra, yang dapat menyebabkan sindrom Down dan cacat lahir lainnya. Makanlah sereal yang diperkaya folat untuk sarapan. Bayam dan asparagus juga kaya dengan folat.

 

3. Kurangi Lemak Trans

Studi terbaru yang dilakukan Harvard University menemukan bahwa pria dengan tingkat asam lemah trans tertinggi dalam air mani akan memiliki jumlah sperma terendah.

Lemak trans merupakan lemak jahat yang banyak terdapat dalam goreng-gorengan. Di dalam tubuh, kadar lemak trans yang terlalu tinggi tidak hanya mengurangi kualitas sperma tetapi juga menyebabkan berbagai gangguan jantung dan pembuluh darah karena dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat.

 

4. Bercinta

Menurut sebuah penelitian di Australia, berhubungan seks (atau masturbasi) setidaknya sekali seminggu sudah bisa menurunkan kerusakan DNA sperma dari 34 persen menjadi 26 persen.(fny/jpnn)

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.