Beranda Internasional

WikiLeaks rilis 1,7 juta dokumen rahasia Amerika

BERBAGI
Julian Assange.

JJulian Assange.akarta¬† – Situs WikiLeaks mempublikasikan sekitar 1,7 juta dokumen rahasia pemerintah Amerika Serikat (AS) antara tahun 1973-1976 termasuk yang ditulis oleh Henry Kissinger.¬†Publikasi itu dinamakan “Perpustakaan Publik Diplomasi AS” atau “PlusD”, kata pendiri WikiLeaks, Julian Assange.

Data terbaru yang tertanggal mulai dari 1973 sampai 1976, termasuk beberapa komunikasi yang dikirimkan oleh atau kepada mantan Menteri Luar Negeri AS, Henry Kissinger, yang juga disebut dengan “The Kissinger Cables”.”The Kissinger Cables merupakan bagian dari publikasi terbaru yang dikeluarkan WikiLeaks Public Library of US Diplomacy (PlusD), yang memiliki koleksi pencarian terkait dokumen rahasia AS atau bekas dokumen rahasia komunikasi diplomatik,” demikian press rilis organisasi WikiLeaks.

Selain itu, AlJazeera melaporkan, laman ‘whistlerblower’ tersebut juga memiliki laporan intelijen dan korespondensi kongres.”Koleksi tersebut meliputi keterlibatan AS terhadap semua negara di muka bumi, secara diplomatik atau laporan intelijen. Ini merupakan materi geopolitik penting yang pernah¬†dipublikasi,” tambah Assange.(antara)

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.