Portugal akan Pecat Ribuan PNS

BERBAGI
gbportugal
euribor.es
gbportugal
euribor.es

Lisboa, Portugal berencana memangkas 30.000 pegawai negeri sipil dan meningkatkan usia pensiun menjadi 66 tahun. Kebijakan ini dilakukan sebagai upaya untuk memenuhi persyaratan dana bantuan.

 

Perdana Menteri Pedro Passos Coelho mengatakan jam kerja pegawai negeri sipil juga akan ditingkatkan menjadi 40 jam sepekan dari sebelumnya 35 jam. Usulan, yang kemungkinan besar akan mulai berlaku tahun depan, bisa menghemat anggaran sebesar 4.,8 miliar euro selama tiga tahun, katanya.

 

“Dengan kebijakan ini, rekan Eropa kita tidak akan meragukan komitmen kita untuk mendapatkan dana bantuan. Keraguan akan mengganggu kredibilitas yang telah kita miliki saat ini,”kata Coelho dalam sebuah pidato Jumat dini hari.

Portugal menerima dana bantuan sebesar 78 miliar euro dari Perserikatan Eropa, Bank Sentral Eropa dan IMF di tahun 2011.

 

Pajak tidak naik

Angka pengangguran di Portugal saat ini mendekati 18% – rekor tertinggi – dan ekonomi diperkirakan akan menyusut untuk tiga tahun berturut-turut di tahun 2013 ini.

 

Bulan lalu, Mahkamah Konstitusi Portugal menolak usulan pengajuan pemangkasan sebesar 1 miliar euro, termasuk penangguhan bonus liburan bagi pekerja sektor publik dan para pensiunan.

Keputusan itu membuat pemerintahan tengah-kanan mencari cara lain untuk berhemat – meski telah mengesampingkan opsi menaikkan pajak.

 

“Kami tidak akan menaikkan pajak untuk mengkoreksi masalah anggaran yang ditimbulkan oleh keputusan Mahkamah Konstitusi. Caranya adalah melalui pengurangan struktural untuk belanja publik,” kata Coelho.

 

Tetapi kebijakan penghematan ini terbukti tidak populer dan memicu serangkaian protes besar.

Partai Sosialis, oposisi utama Portugal menuduh penghematan berlebihan yang dilakukan Coelho didorong untuk mengejar program ideologis. (bbc)

TIDAK ADA KOMENTAR

Tulis Komentar

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.