Beranda Internasional

Perundingan nuklir Iran raih kesepakatan

BERBAGI
(foto: articles.latimes)
(foto: articles.latimes)
(foto: articles.latimes)

 

berita9online, Iran dan enam negara yang berpengaruh di dunia mencapai kata sepakat mengenai kelanjutan program nuklir, kata menteri luar negeri Iran. Sebelumnya, negosiator dari enam negara yaitu Inggris, AS, Rusia, Cina, Prancis dan Jerman berusaha agar Iran membatasi program percobaan nuklirnya. Sebagai gantinya, Iran akan mendapatkan sejumlah pelonggaran sanksi internasional.

 

Perundingan ini berjalan cukup alot sebelum akhirnya mencapai sebuah kesepakatan.
“Kami telah mencapai kesepakatan,” kata Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarifannounced pada akun Twitternya. Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius, juga menegaskan kesepakatan ini.

 

Belum ada keterangan lebih lanjut mengenai bentuk kesepakatan yang telah dicapai. Namun sebelumnya Iran mengatakan akan berkeras pada “hak untuk pengayaan” dalam kesepakatan apapun yang akan dicapai.

 

Beberapa menit sebelumnya, Michael Mann, juru bicara kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Baroness Catherine Ashton, yang memimpin konferensi ini, mengatakan “Kami telah mencapai kesepakatan antara [negara] E3+3 dan Iran.”

 

Sebelumnya, pada Sabtu malam, wakil menteri luar negeri Iran, Abbas Araqchi, mengatakan “98% dari draf” telah disepakati tetapi keinginan Teheran untuk tetap memiliki “hak untuk pengayaan” uranium secara jelas dinyatakan dalam bentuk kesepakatan apapun.

 

“Kami bersikeras pada hak kami untuk pengayaan, yang harus jelas diakui dalam draf perjanjian,” kata Araqchi seperti dikutip wartawan Iran Sabtu (23/11) malam – pada hari keempat negosiasi.

 

Perundingan dimulai sejak Rabu (20/11) untuk mencapai kesepakatan yang dapat diterima oleh semua pihak.
Beberapa politisi AS telah mengatakan mereka akan mengusulkan untuk menjatuhkan lebih banyak sanksi jika pembicaraan ini gagal.(bbc)

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.