Beranda Internasional

NSA Mata-matai Perusahaan Global

BERBAGI
Edward Snowden (foto: southweb)
Edward Snowden (foto: southweb)
Edward Snowden (foto: southweb)

 

 

berita9online, Pembocor rahasia intelijen Edward Snowden menuduh Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA) terlibat dalam spionase industri.

 

Dalam sebuah wawancara dengan televisi Jerman ARD TV, mantan kontraktor NSA itu mengatakan NSA akan memata-matai perusahaan global Jerman yang bersaing dengan perusahaan Amerika Serikat.

 

Snowden, yang kini mendapat suaka sementara dari Rusia, juga percaya bahwa pejabat AS ingin membunuhnya. Informasi yang dibocorkan Snowden menimbulkan kemarahan di Jerman, khususnya ketika diketahui bahwa ponsel Kanselir Angela Merkel disadap.

 

Tuduhan baru Snowden tentang spionase industri akan semakin menyulitkan pemulihan kepercayaan antar dua negara itu, kata Wartawan BBC Stephen Evans melaporkan dari Berlin.

 

Merujuk pada perusahaan Siemens, Snowden mengatakan kepada ARD: “Jika ada informasi di Siemens yang mereka [NSA] pikir akan menguntungkan kepentingan nasional – bukan kepentingan keamanan nasional – mereka akan mencari informasi itu dan mengambilnya.”

 

Pada Agustus lalu, Rusia memberikan suaka pada Snowden selama satu tahun, setelah dia membocorkan rincian program pengintaian.
AS telah mendakwa Snowden dengan kasus pencurian properti pemerintah, komunikasi yang tidak sah atas informasi pertahanan nasional dan komunikasi yang disengaja atas informasi rahasia intelijen.

 

Setiap tuduhan dapat mengganjarnya dengan hukuman penjara maksimum 10 tahun. Awal pekan ini dia mengatakan dia “tidak memiliki peluang” untuk disidang secara adil di AS dan tidak memiliki rencana untuk kembali ke sana.

(BBC)

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.