Beranda Internasional

NSA: ‘Kami Benar-benar Kacau Sekarang’

BERBAGI
(foto: outsidethebeltway)
(foto: outsidethebeltway)
(foto: outsidethebeltway)

 

Washington-berita9online, Pimpinan Komite Intelijen Senat, Dianne Feinstein – salah satu pembela paling gigih National Security Agency (NSA) – mengaku kaget saat mengetahui NSA memata-matai para pemimpin asing, termasuk Kanselir Jerman Angela Merkel. Ia menyatakan langkah itu sangat berlebihan.

 

“Sehubungan dengan pengumpulan informasi intelijen NSA atas para pemimpin sekutu AS – termasuk Perancis, Spanyol, Meksiko, dan Jerman – dengan tegas saya katakan: saya sepenuhnya tak setuju,” katanya. Ia menyetujui penyadapan sejauh AS terlibat dalam permusuhan dengan negara itu atau ada kebutuhan darurat. “Saya tidak percaya bahwa AS harus memata-matai panggilan telepon atau email dari presiden dan perdana menteri negara sahabat.”

 

Ia juga menyatakan agak aneh jika Presiden Barack Obama tidak tahu penyadapan atas telepon Kanselir Merkel dilakukan sejak tahun 2002. “Itu adalah masalah besar,” katanya.

 

Terkait hal ini, Feinstein menyerukan untuk meninjau ulang semua program pengumpulan informasi intelijen AS. “Kongres perlu tahu persis apa dilakukan yang komunitas intelijen kita,” katanya.
Menurut majalah Foreign Policy, pernyataan Feinstein, yang selama ini selalu membela NSA, sangat mengejutkan. “Kami benar-benar kacau sekarang,” kata seorang pejabat badan itu. “Anda tahu bagaimana rasanya ketika beberapa teman yang Anda punya menghilang tanpa jejak di tengah malam,” katanya mengibaratkan.(tempo)

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.