Mikhail Kalashnikov, Penemu Senjata AK47 Telah Meninggal

BERBAGI
Mikhail Kalashnikov (foto: telegraph)
Mikhail Kalashnikov (foto: telegraph)
Mikhail Kalashnikov (foto: telegraph)

 

 

berita9online, Penemu senjata Kalashnikov, Mikhail Kalashnikov, meninggal dunia pada usia 94 tahun, menurut TV Rusia.
Senjata otomatis yang ia rancang menjadi salah satu senjata yang paling populer di dunia dan banyak digunakan. Senjata itu murah untuk diproduksi karena struktur yang sederhana, dan juga mudah dirawat dan bertahan lama.

 

Atas temuannya ini, Kalashnikov mendapatkan penghargaan dari negara. Tetapi ia tidak banyak mendapatkan uang atas inovasinya itu.

 

Senjata AK47 -yang digunakan tentara di puluhan negara- menjadi simbol revolusi di seluruh dunia. Senjata ini banyak digunakan di berbagai medan perang termasuk Angola, Vietnam, Aljazair dan Afghanistan.

 

‘Pemotong rumput’
AK47 juga digunakan oleh kelompok-kelompok Palestina dan pernah dipegang oleh Osama bin Laden. Kalashnikov pernah mengatakan ia mungkin akan lebih memiliki banyak penghasilan bila mendesain pemotong rumput.

 

Mikhail Kalashnikov lahir tanggal 10 November 1919 dari keluarga petani di desa Kurya, kawasan Altai. Ia adalah salah seorang dari 18 anak keluarga petani, dan hanya enam yang hidup. Ia direkrut oleh Tentara Merah pada 1938 dan keahliannya untuk merancang senjata digunakan guna meningkatkan efektivitas senjata dan peralatan resimen Soviet.

 

Saat ia terluka pada Oktober 1941 karena serangan bom Jerman atas tanknya, Mikhail Kalashnikov mulai mendesain senjata api yang pada akhirnya membuat namanya terkenal.(bbc)

TIDAK ADA KOMENTAR

Tulis Komentar

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.