Beranda Internasional

Kevin Rudd Gantikan Julia Gillard Sebagai Perdana Menteri Australia

BERBAGI
gb. kevinrood
Perdana Menteri Baru Australia, Kevin Rood (gb. telegraph)
gb. kevinrood
Perdana Menteri Baru Australia, Kevin Rood (gb. telegraph)

berita9online, Kevin Rudd memenangkan pemungutan suara dalam pertarungan merebut kursi pemimpin di Partai Buruh.

 

Pemungutan suara dikalangan anggota parlemen dari Partai Buruh yang berlangsung sejak pukul 7 waktu Australia atau sekitar pukul 16.00 wib tadi, berakhir dengan skor 57 dukungan untuk Kevin Rudd dan 45 dukungan untuk Julia Gillard.

Kemenangan Kevin Rudd ini diumumkan langsung Ketua Kaukus Partai Buruh, Chris Hayes, sesaat setelah perhitungan suara selesai. Hayes mengatakan Kevin Rudd menang setelah berhasil meraih 57 suara dan Julia Gillard 45.

 

Menyusul kekalahan Julia Gillard ini, Deputi Perdana Menteri Wayne Swan dan Ketua Senat Stephen Conroy, bersama Joe Ludwig and Craig Emerson mundur dari kabinet.

 

Dengan hasil ini, Kevin Rudd resmi memimpin Partai Buruh dan menggantikan Julia Gillard sebagai Perdana Menteri Australia. Kevin Rudd juga akan berhadapan dengan pemimpin Partai Oposisi, Tony Abbot dalam Pemilu Australia mendatang.

 

Sementara itu atas kekalahannya ini, Julia Gillard harus memenuhi janji dan aturan pertarungan yang sudah ditetapkannya yakni mundur dari jabatannya sebagai Perdana Menteri dan juga dari politik dalam Pemilu Australia mendatang.

 

Kemenangan Kevin Rudd ini sebelumnya sudah banyak diprediksi menyusul banyaknya kekecewaan atas kebijakan Partai Buruh selama kepemimpinan Gillard.

 

Pemungutan suara ini adalah yang ketiga kali dilakukan Partai Buruh, sejak Julia Gillard mengalahkan Kevin Rudd tahun 2010 lalu.(abc radio australia)

1 KOMENTAR

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.