Puluhan tewas dalam gempa di dekat pabrik nuklir Iran

BERBAGI
Gempa Iran 2013.
Gempa Iran 2013
Gempa Iran 2013.
Gempa Iran 2013

Busher,Iran (Berita9online) Sebuah gempa berkekuatan 6,3 skala Richter terjadi pada hari selasapukul 11:52 dengan kedalaman 12km di dekat reaktor nuklir yang terletak di provinsi Busher,Iran.  Gempa menewaskan sedikitnya 37 orang dan melukai 850 lainnya serta menghancurkan desa-desa kecil. Meski demikian gempa tidak merusak reaktor nuklir, demikian diberitakan kantor berita mahasiswa Iran (ISNA), mengutip pernyataan seorang teknisi sebuah perusahaan di Rusia yang membangun reaktor tersebut.

Pemerintah Iran sendiri menyatakan negara berkabung selama tiga hari.Abdulkarim Jomeiri, anggota parlemen dari Bushehr, mengatakan kepada media bahwa “jarak antara titik fokus gempa bumi dan pembangkit listrik tenaga nuklir Bushehr adalah sekitar 80km, dan berdasarkan informasi terbaru, belum ada kerusakan pada pembangkit listrik . “”Gempa bumi tidak terpengaruh situasi normal pada reaktor. Personil terus bekerja dalam rezim normal dan tingkat radiasi sepenuhnya dalam normal,” kata seorang pejabat di kantor berita RIA Rusia.

Badan Energi Atom Internasional PBB (IAEA) mengatakan pihaknya telah diinformasikan oleh Iran bahwa gempa tidak merusak fasilitas nuklir Bushehr.”Iran telah menginformasikan bahwa belum ada kerusakan pada Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Bushehr dan tidak ada pelepasan radioaktif dari instalasi,” kata badan PBB dalam sebuah pernyataan.

Shahpour Rostami, wakil gubernur provinsi Bushehr, mengatakan kepada televisi pemerintah bahwa tim penyelamat telah dikerahkan. Tiga helikopter dikirim untuk survei daerah yang rusak sebelum matahari terbenam, kata Mohammad Mozaffar, kepala departemen penyelamatan Bulan Sabit Merah Iran.

Pusat seismologi sejauh melaporkan enam gempa susulan, yang terkuat di 5,3 magnitudo. Gempa juga dirasakan di seluruh Teluk di Bahrain, Uni Emirat Arab dan Qatar, di mana para pekerja dievakuasi dari bangunan tinggi sebagai tindakan pencegahan.Iran terletak pada jalur beberapa jalur patahan besar dan rawan gempa bumi sering, beberapa di antaranya telah menghancurkan.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tulis Komentar

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.