Arab Saudi Blok Aplikasi Viber

BERBAGI
gb viber
Aplikasi viber di tablet/netbook
gb viber
Aplikasi viber di tablet/netbook

berita9online, Kepala aplikasi pesan, instan Viber, mengatakan kebebasan rakyat di Arab Saudi telah direnggut setelah layanan mereka diblokir. Talmon Marco mengatakan ia tidak mengetahui alasan pemblokiran itu tetapi ia berjanji Viber akan segera pulih.

 

Pada bulan Maret, pemerintah Saudi memperingatkan Viber dan layanan pesan instan terenkripsi lainnya, bahwa mereka akan diblokir kecuali mereka menyediakan alat untuk pemantauan.

 

Marco mengatakan ia menolak memberikan data yang diminta pejabat Saudi.

Fakta bahwa layanan telepon dan pesan instan gratis, Viber, tidak lagi berfungsi di negara itu bukan tidak terduga.

Regulator telekomunikasi Saudi juga memperingatkan perusahaan itu, serta Skype dan Whatsapp bahwa ketiganya akan diblokir jika menolak untuk dipantau.

 

Peringatan itu memicu protes warga dan kaum ekspatriat. Banyak yang mulai menyensor pesan-pesan mereka, karena khawatir disadap.

 

Marco mengatakan,  penyedia jasa internet dan operator seluler Saudi mulai menanyakan informasi tentang cara kerja internal layanan mereka dua bulan lalu.

“Kami berasumsi alasan mereka ingin tahu adalah untuk mencari cara menyadap percakapan di layanan kami, mendengarkan apa yang dikatakan pengguna, membaca pesan-pesan,” kata dia.(BBC)

TIDAK ADA KOMENTAR

Tulis Komentar

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.