Beranda Herbalife

Manfaat Minyak Zaitun: Dari Diabetes, Kanker, Jantung, Otak, Hingga Atasi Hipertensi

BERBAGI
Minyak Zaitun (foto: mediaherbal)
Minyak Zaitun (foto: mediaherbal)
Minyak Zaitun (foto: mediaherbal)

 

Jakarta-berita9online, Diet Mediterania masih menjadi tren kesehatan. Salah satu komponen utamanya adalah minyak zaitun. Dibanding minyak nabati lain, minyak zaitun dipercaya memiliki manfaat kesehatan paling banyak.

 

Apa saja manfaat kesehatan minyak zaitun? Berikut penjelasan The Daily MealĀ :

 

1. Anti inflamasi
Minyak zaitun mengandung banyak bahan antiinflamasi yang berperan sebagai zat ibuprofen alami. Jadi, jika Anda mengalami sakit kepala atau kondisi yang lebih serius seperti penyakit saraf degeneratif atau kanker, perbanyak konsumsi minyak zaitun.

 

2. menurunkan tekanan darah
Karena kandungan polifenol dan oleic acidnya yang juga bersifat antiinflamasi, minyak zaitun terbukti menurunkan tekanan darah dan mengurangi hipertensi pada pria dan wanita.

 

3. Menjaga kesehatan otak
Meski tak secara langsung memeriksa dampak minyak zaitun terhadap otak, studi terbaru menemukan bahwa partisipan yang makanannya kaya lemak trans cenderung depresi. Sementara itu, peserta studi yang makanannya kaya minyak zaitun berisiko lebih rendah mengalami depresi. Selain itu, minyak zaitun juga dikenal dapat membantu fungsi kognitif dan mengurangi risiko penyakit kognitif seperti dementia.

 

4. Membantu penyerapan kalsium
Kalsium adalah komponen penting bagi tubuh dan tulang yang sehat, namun hanya jika tubuh Anda bisa memprosesnya dengan baik. Minyak zaitun memperbaiki mineralisasi dan pengerasan (calcification) tulang, sehingga membantu tubuh menyerap kalsium secara lebih efisien.

 

5. Penyeimbang kolesterol
Ada kolesterol jahat, ada pula kolesterol baik. Karena mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, minyak zaitun kaya lemak sehat yang membantu mempertahankan keseimbangan kedua kolesterol tersebut dalam tubuh.

 

6. Obat Diabetes Alami
Semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak zaitun lebih banyak dapat menjaga kadar gula darah tetap rendah, sehingga baik bagi penderita diabetes. Minyak zaitun yang kaya lemak tak jenuh tunggal menjaga kadar trigliserida tetap normal dan mengurangi risiko penyakit jantung bagi penderita diabetes.

 

7. Melawan kanker
Oleic acid dalam minyak zaitun membantu melawan kanker tertentu, terutama kanker payudara. Zat fitokimianya dapat membantu memicu kematian sel-sel kanker.

 

8. Baik untuk jantung
Sebuah studi baru menunjukkan bahwa diet yang kaya minyak zaitun membantu menjaga jantung tetap sehat dan berfungsi dengan baik, terutama pada lansia. Sebab, minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan

 

9. Meningkatkan kekebalan tubuh
Minyak zaitun, terutama extra virgin olive oil yang berkualitas tinggi, tinggi antioksidan seperti polifenol, vitamin E dan K, klorofil, serta karotenoid. Karakteristik inilah yang menjadi kunci sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari efek merusak molekul radikal bebas

 

10. Menurunkan berat badan
Minyak zaitun memang tinggi lemak, namun lemak tersebut menyehatkan. Lemak tak jenuh tunggal tersebut dapat membantu tubuh memecah dan mengurangi simpanan lemak serta berat badan berlebih.

[detik]

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.