Jangan Lupakan Minyak Zaitun

BERBAGI
Minyak Zaitun.

(Berita9online) Minyak Zaitun termasuk bahan yang bisa dijadikan obat dan  bermanfaat untuk kebugaran dan kesehatan. Selama ini kita mengenal minyak Zaitun sebagai alat  kosmetika. Minyak zaitun banyak dijual di toko-toko. Minyak  itu sudah terkenal sejak zaman Yunani Kuno, sebagai obat  sekaligus untuk kecantikan para ratu. Di dunia kosmetika,  minyak zaitun semakin banyak dipakai untuk bahan kecantikan  karena terbukti bisa membuat kulit halus, sekaligus  meremajakan.

Minyak Zaitun.Bahkan, sejak 1400 tahun silam, Baginda Nabi Muhammad SAW telah  menganjurkan untuk mengkonsumsi minyak zaitun, mengingat  sangat besar khasiat dalam kandungan minyak dari pohon/buah  zaitun yang selalu disebut sebagai diberkahi itu. Allah befirman: “Dan dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu  kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan.  Maka kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang  menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai- tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami  keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang  tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya  berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya.  Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda  (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.” (Al-An’am ayat 99).
“Dia (Allah) menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu  tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah -buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar  ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.”  (An-Nahl ayat 11).
Disebut dalam hadis pula, bahwasanya Rasulullah SAW, bersabda: “Makanlah kalian buah zaitun minyak zaitun  dan gunakan menggosok (mengoles) dengan minyak zaitun,  sesungguhnya (zaitun) dari pohon yang diberkahi”  (HR Atturmudzi dan Ibnu Majah).
Dalam hadis Ibnu Umar, Rasulullah SAW bersabda: “Makanlah kalian buah dan minyak zaitun serta  gunakan untuk menggosok (mengoles). Sesungguhnya zaitun dari pohon yang diberkahi.” (HR Al-Baihaqi dan Ibnu Majah). Riwayat lain menyatakan,  Rasulullah bersabda: “Barangsiapa menggosok (badannya) dengan minyak zaitun, setan tidak akan  mendekatinya.”

Sejak Nabi-nabi

Pohon zaitun tumbuh di puncak bukit yang dapat sinar matahari baik di waktu matahari terbit maupun   terbenam, sehingga pohonnya subur  dan buahnya menghasilkan minyak yang baik. Jika diminum  bermanfaat untuk menguatkan kandung empedu, menurunkan  asam lambung, mencegah gangguan pencernaan, mengobati wasir, impotensi,  datang bulan tidak teratur, menghilangkan racun tubuh, mencegah pertumbuhan sel kangker dan tumor, menurunkan kadar gula dan kolesterol, serta mencegah diabetes. Jika dioleskan bermanfaat  untuk menghilangkan flek dan kerut di wajah, melindungi  dari bakteri, mencegah rontoknya rambut, menghilangkan  penyakit kulit, menghaluskan serta melembabkan kulit, mencegah  penuaan dini serta menjaga kebersihan kulit kepala.
Karena itu jangan lupa, pulang dari masjid baik di Mekah  atau di Madinah usahakan membeli minyak zaitun barang  sebotol. Botol berukuran 200 mililiter dijual 6 Riyal ataus ekitar Rp 15.000. Murah ukuran di sini. Sebab, di sini, minyak zaitun ukuran 250 mililiter dijual sekitar Rp 35.000.
Minyak zaitun di Arab Saudi sebagian besar diimpor  dari Spanyol dan beberapa negara Afrika. Minumlah satu  sendok setiap habis makan. Menjelang tidur minumlah dua sendok, maka akan memulihkan kepenatan kita setelah melaksanakan thawaf dan sai di Bairtullah.

Minyak zaitun mengurangi resiko kematian akibat penyakit  jantung dan kanker. Penelitian menunjukkan, serangan  jantung di wilayah Timur Tengah rendah bagi mereka yang mengkonsumsi minyak zaitun. Berdasarkan studi  epidemiologis, asam oleat pada minyak zaitun bisa menurunkan kadar kolesterol LDL (Low Density Lipoproein)  atau kolesterol darah jahat yang dapat menimbun di dinding -dinding arteri. Minyak Zaitun meningkatkan HDL (High  Density Lipoproein) yang disebut kolesterol baik karena  besarnya peranan dalam meningkatkan daya kekebalan tubuh.
Jika Anda pengguna pemula, minumlah 1 sendok teh per hari.  Dan sebaiknya jangan langsung minum air putih, kecuali  minum jus atau teh atau makan buah, atau kue/roti. Setelah  biasa boleh dicoba minum 1-2 sendok makan perhari. Minyak zaitun buatan Eropah (Spanyol dan Italia) memang sedikit ada rasa getir. Berbeda dengan minyak zaitun buatan Yordania, Palestina, dan Turki yang terasa seperti minyak goreng.

Terutama jika kita berumrah pada cuaca panas yang menyengat, minyak zaitun sangat bermanfaat untuk melindungi kulit kita. Bgeirtu juiga di musim dingin, minyak zaitun juga bisa melindungi kulit kita dari keriput dan kuyu.
Jika kita mengalami keletihan berat, disamping minum satu sampai tiga sendok makan minyak zaitun, tuangkan pula beberapa sendok minyak zaitun (biasanya antara 5 samopai 10 sendok) di bak mandi.  Lalu, berendamlah. Nanti akan terasa aliran darah kita yang mulai mengalir lancar dan kita rasakan kebugaran yantg mulai pulih kembali. Juga, kulit terasa lebih lembut, tidak kering, dan segar.
Tentuk, minyak zaitun tak hanya berlaku untuk jemaah wanita saja. Jemaah laki-laki juga memerlukan.

Ibu Menyusui

Kandungan asam linoleik yang terdapat dalam buah ini secara  khusus juga sangat bermanfaat bagi ibu-ibu yang tengah menyusui. Kekurangan asam linoleik dapat mengurangi  pertumbuhan bayi dan memperbesar potensi pada timbulnya  beberapa penyakit kulit. Organisasi-organisasi kesehatan,  termasuk WHO, menganjurkan penduduk yang bermukim di lingkungan masyarakatnya banyak menderita diabetes dan arterioclerosis (penebalan saluran urat darah) tinggi supaya mengonsumsi minyak zaitun yang mengandung paling kurang 30% asam linoleik.
Manfaat zaitun tidak hanya terbatas pada asam linoleik.  Misalnya, unsur klorin yang dikandungnya dapat meningkatkan fungsi liver lebih sempurna, sehingga dengan begitu memfasilitasi tubuh dalam mengeluarkan bahan buangan.  Karena juga memberi sumbangan pada kerangka tubuh, zaitun  dengan demikian membuat tubuh jadi kuat dan panjang usia.
Unsur-unsur tersebut juga baik untuk serabut arteri otak.  Selain manfaat-manfaat yang sudah disebutkan itu, minyak  zaitun adalah sumber penting bagi gizi manusia. Berbeda  dengan mentega padat, minyak zaitun tidak meninggikan tingkat kolesterol di dalam darah, sebaliknya bisa mengendalikannya. Karena itu, para dokter sangat  menganjurkan pemakaian zaitun dalam hal masak-memasak.

Sejak ribuan tahun silam masyarakat di sekitar  Laut Tengah dan Timur Tengah telah merasakan manfaatnya.  Dalam bentuk buah, zaitun muda yang berwarna hijau  kekuningan kerap disantap begitu saja atau sebagai penambah  rasa. Sementara zaitun yang matang dengan warna hitam kerap diacar. Setiap buah  zaitun yang matang mengandung 80% air, 15% minyak, 1%  protein, 1% karbohidrat, dan serat 1%. Untuk  menghasilkan buah dan berproduksi secara penuh, pohon  zaitun harus berumur 15-20 tahun. Hingga saat ini Italia  dan Spanyol berada di barisan terdepan negara penghasil  minyak zaitun, disusul oleh Yunani, Tunisia, Maroko, dan  Amerika Serikat (AS). Kawasan mediterania selama ini memang  dikenal sebagai gudang buah dan minyak zaitun. Selama ini  penduduk Timur Tengah mengandalkan zaitun sebagai sumber minyak nabati.
Nah, dengan mencoba memulai mengonsumsi minyak zaitun dan buahnya, pulang-pulang kitaaka membuat tercengang para tetangga kita. Cerah, muda, dan berpahala. Amin. (MH)

3 KOMENTAR

  1. Subhanalloh… begitu luar biasa, Alloh menciptakan buah zaitun yang mengandung banyak manfaat. boleh tuh, dibuktikan…
    makasih berita9onlone, informasinya sangat membawa manfaat.

Tulis Komentar

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.