Rupiah Melemah, Emas Makin Berkilau

BERBAGI
(gb. terrapinn)
(gb. terrapinn)
(gb. terrapinn)

berita9online, Rupiah boleh melemah, namun harga emas makin berkilau. Pantauan di pasar kota Jambi, harga emas kemarin Rp2,9 juta per suku. Berbeda dengan hari sebelumnya yang masih dikisaran Rp. 2,7 juta per sukunya.

 

“Dalam beberapa hari ini emas mengalami kenaikan yang cukup drastis dari hari-hari sebelumnya,” papar Nasir (37) pemilik toko mas Beringin.

 

Menurutnya harga yang disebutkan diatas belum termasuk untuk upah. Kalau sama upah harga emas bisa berkisar diatas Rp 3 jutaan. “Kalau sama upah tergantung tingkat kesulitan pembuatannya. Lebih sulit pengerjaannya ongkos pembuatannya bisa semakin tinggi,” paparnya.

 

Ditempat yang berbeda, Musa pemilik toko emas Cahaya Mulia juga menuturkan harga emas ditempatnya sudah berada di harga Rp 3jutaan yang sudah termasuk ongkos pembuatan perhiasan sejak hari ini (kemarin. Red). Saat ditanya mengenai respon masyarakat terhadap harga yang sudah mulai tinggi ini, ia mengatakan tak terjadi perubahan yang signifikan baik dari sisi pembelian ataupun penjualan emas di pasar.

 

“Masih biasa aja baik penjualan maupun pembelian. Lagian ini kan masih baru naiknya, jadi mungkin banyak yang belum tau harga emas naik ataupun turun,” paparnya.

 

Ia menambahkan sebenarnya kenaikan harga logam mulia tersebut sudah mulai terasa sejak pasca lebaran lalu. Namun kenaikan yang dirasa cukup tinggi dirasa dalam beberapa hari belakangan. Hal ini dipengaruhi oleh harga dolar yang semakin menguat yang harganya berada dikisaran Rp. 11.000.

“Mulai tanggal 15-an kemarin terasa naiknya,” tambahnya.

 

Sementara itu berdasarkan harga yang dirilis oleh toko emas matahari yang didapat dari bank syariah mandiri selaku salah satu perbankan yang memiliki sistim gadai emas, selama dua hari berturut-turut harga emas antam selalu mengalami kenaikan. Perbandingan harga Pada hari kamis (22/8) sampai dengan Jumat cukup menukik tajam. Untuk ukuran 10 gram harga sebelumnya berada diangka Rp 504 ribu menjadi Rp 507ribu.

 

Sedangkan untuk ukuran emas sebesar 25 gram, harga sebelumnya Rp 498ribu menjadi Rp 500 ribu. Sementara untuk ukuran emas 50 gram harga awalnya sebesar Rp495ribu menjadi Rp 449 ribu. Untuk ukuran 100 gram pada hari Kamis berada di angka Rp493 ribu dan pada hari Jumat naik menjadi Rp494 ribu.

 

Saat ditanya mengenai konsumen gadai emas di BSM hingga saat ini masih berada di angka yang stabil. “Sejauh ini konsumen kita masih dalam taraf biasa. Belum ada peningkatan masyarakat yang menggadaikan emasnya meskipun harga emas sedang melambung,” papar Dody bagian staf gadai emas BSM Sipin. (Run/jpnn)

TIDAK ADA KOMENTAR

Tulis Komentar

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.