Beranda Ekonomi

Penumpang Pilih Pesawat, Ini Strategi BUMN Transportasi Laut Mengatasinya

BERBAGI
Kapal milik PT. Pelni [foto: wartadki]
Kapal milik PT. Pelni [foto: wartadki]
Kapal milik PT. Pelni [foto: wartadki]

 

Jakarta-berita9online, Angkutan kapal jarak jauh makin ditinggalkan orang, dengan makin banyaknya transportasi pesawat dan bahkan dengan harga terjangkau. BUMN transportasi laut PT Pelni (Persero) menyiapkan strategi.

 

Direktur Utama Pelni Syahril Japarin mengatakan, Pelni saat ini merupakan satu-satunya kapal penumpang jarak jauh yang beroperasi di Indonesia, sehingga tidak ada saingan. Namun, bila hanya mengandalkan angkutan penumpang, Pelni kalah dengan angkutan pesawat.

 

“Mulailah kami tertarik dengan angkutan kargo. Porsi kami untuk kargo saat ini masih kecil, tapi nanti akan kita tambah. Tapi bukan berarti kami mau mengurangi kuota penumpang. Tetap kalau penumpang kuotanya seperti sekarang,” ujar Syahril di atas KM Kelud dalam perjalanan dari Jakarta menuju Batam.

 

Cara ini dilakukan Pelni untuk bisa terus mempertahankan bisnisnya. Syahril mengatakan, potensi pasar angkuta kargo sangat besar.

 

“Kendala yang utama adalah bagaimana mengubah mindset bisnis. Kalau ini sudah berubah mindset-nya pasti kita bisa melangkah ke yang baru,” jelas Syahril.

[detik]

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.