Beranda Ekonomi

Pengusaha Malaysia Lirik Tamatan SMK Indonesia

BERBAGI
gbsmk
(beritalokalpkl)
gbsmk
(beritalokalpkl)

Padang, Dunia usaha yang berasal dari negeri Jiran Malaysia terus melirik tenaga kerja berasal dari tamatan SMK khususya yang ada di Kota Padang, Sumatera Barat.

“Dunia usaha Negara Malaysia berminat menampung tenaga kerja dari tamatan SMK yang ada di Kota Padang,” kata salah seorang pengusaha Restoran Rumpun Selera Malaysia Syafnida, di Padang, Senin.

Menurut dia, bahwa tenaga kerja Indonesia di Restoran Rumpun Selera berjumlah 93 orang dan sebanyak 73 orang berasal dari tamatan SMK di Kota Padang.

“Tamatan SMK sangat bagus, dan sangat ahli dalam pekerjaannya. Makanya kita selalu ingin menambah jumlah tenaga kerja yang berasal dari tamatan SMK,”ungkap dia.

Mencari tenaga kerja yang yang memiliki keahlian dan kompetensi seperti alumni SMK sangat sulit ditemukan di Malaysia, tambah Syafnida disebabkan di negara Malaysia tidak memiliki sekolah atau lembaga pendidikan seperti SMK yang ada di Indonesia yang siap terampil bila tamat.

Sementara itu Kepala Sekolah SMK 6 Padang Ariswan menjelaskan permintaan tenaga kerja dari tamatan SMK di Malaysia setiap tahunnya terus meningkat, baik itu bagi alumni SMK yang memiliki jurusan Jasa Boga, maupun dari jurusan perhotelan.

“Untuk tahun ini, permintaan tenaga kerja alumni SMK dari dunia usaha Malaysia berjumlah 25 orang, dan kita baru memiliki 12 orang tenaga kerja. Nantinya kita akan bekerjasama dengan SMK 9 Padang,”kata dia.

Ariswan menambahkan alumni SMK 6 Padang telah bekerja dibeberapa dunia usaha di Malaysia, diantaranya Restoran Rumpun Selera dan Restoran Sari Ratu.

“Dan saat ini, kita terus menjalin komunikasi dan mengembangkan relasi dengan dunia usaha lainnya yang berada di Malaysia,”ungkap dia.

Ditempat terpisah, Wakil Walikota Padang, Mahyeldi Ansyarullah menyatakan, atas nama pemerintah Kota Padang mengucapkan terimakasih kepada pengusaha negara Malaysia telah menampung tenaga kerja tamatan SMK dari Kota Padang, terutama tamatan SMK 6 Padang.

“Kita sangat bersyukur telah mempekerjakan tenaga kerja tamatan SMK dari Kota Padang,”kata dia.

Dia menambahkan, kerjasama yang telah dibangun selama ini bisa ditingkatkan lagi, dengan cara menambah jumlah tenaga kerja yang berasal dari tamatan SMK Kota Padang, serta merekomendasikan tamatan SMK Kota Padang kepada dunia usaha lainnya yang berada di Malaysia.

“SMK memang dipersiapkan untuk dunia kerja. Oleh sebab itu SMK Kota Padang harus mempersiapkan siswanya sebaik mungkin dengan keahlian dan kompetensi yang sesuai dengan kejuruannya,” ungkapnya. (antara)

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.