Beranda Ekonomi

Korea Utara Usulkan Pembukaan Kaesong

BERBAGI
gb kaesong
Suasana kerja di kawasan industri Kaesong, Korea Utara (nknews)
gb kaesong
Suasana kerja di kawasan industri Kaesong, Korea Utara (nknews)

Pyongyang-berita9online, Korea Utara mengusulkan perundingan resmi dengan kubu Selatan tentang normalisasi proyek komersial setelah beberapa pekan kawasan industri bersama Kaesong ditutup.

Dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh Kantor Berita Korea Utara KCNA, soal tempat dan waktu perundingan “diserahkan pada kubu Selatan”.

 

Kaesong, yang terletak di perbatasan namun masuk wilayah Korea Utara, merupakan salah satu sumber pendapat penting bagi Pyongyang.

Namun atas kemauannya sendiri, negara komunis yang tertutup itu menarik pekerjanya dari kawasan itu April lalu di tengah ketegangan di semenanjung akibat digelarnya percobaan nuklir Koriut pada 12 Februari.

 

Sejak itu kegiatan produksi di Kaesong terhenti untuk pertama kalinya sejak proyek bersama ini diluncurkan sepuluh tahun lalu.

Di dalamnya beroperasi sekitar 100 pabrikan asal Korsel yang mempekerjakan sekitar 53.000 buruh Korea Utara.

 

Korut bulan lalu melansir pernyataan mereka akan mengundang para pengusaha Korsel untuk membicarakan kelanjutan operasi bisnis di kawasan ini namun ditolak Seoul dengan alasan jajaran pejabat antar pemerintah lah yang mestinya lebih dulu berembuk.

 

Ketegangan Menurun

Laporan KCNA tersebut juga menyebut bahwa jalur komunikasi langsung antar dua negara yang sempat putus akan disambung kembali jika pihak Selatan setuju berunding.

Laporan itu juga sempat menyinggung soal nasib resor peristirahatan Gunung Kumgang yang juga merupakan proyek turisme bersama dua negara yang kemudian dihentikan operasinya setelah seorang turis asal Korsel ditembak mati di sana tahun 2008.

 

Sikap lunak ini muncul setelah selama berbulan-bulan kubu Utara terus-menerus mengeluarkan retorika perang.

Korut mengancam akan menggunakan kekuatan bersenjatanya sebagai tanggapan atas jatuhnya sanksi AS karena percobaan nuklir ketiganya serta ekspresi kemarahan atas latihan gabungan Korsel-AS beberapa bulan lalu.

Korut sempat menyebut soal serangan ke sejumlah titik penting di kawasan serta memutus hubungan ekonomi dan komunikasi kunci dengan Seoul.

Baru dalam beberapa pekan terakhir ketegangan nampak mereda.(BBC)

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.