Beranda Ekonomi

Kementerian Kelautan: Impor Garam Tahun lalu Impor Haram

BERBAGI
Garam impor [foto: satunews]
Garam impor [foto: satunews]
Garam impor [foto: satunews]

 

Jakarta-berita9online, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengatakan impor garam pada 2013 sebesar 225 ribu ton adalah impor haram. Hal itu berdasarkan data dari kinerja keuangan yang menyebutkan tidak terdapat impor garam pada tahun lalu.

 

“Rilis akhir tahun tidak ada impor. Ternyata PT Garam mengatakan ada impor 255 ribu ton. Ini pemerintah mbalelo,” ujar Direktur Jenderal Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Sudirman Saad di Jakarta, Rabu (12/3).

 

Dalam impor garam tersebut, importir mengunakan izin untuk garam industri, tetapi dalam kenyataannya garam yang diimpor tersebut tidak dikenakan bea masuk sebesar 10 persen. Sehingga, garam yang di impor tersebut masuk dalam kategori konsumsi.

 

“Kemarin meluruskan situasi yang ada laporan dari PT Garam, bahwa ternyata ada impor 2013 untuk kebutuhan industri aneka pangan, tapi izinnya untuk impor industri tapi masuknya konsumsi, bea masuk nol persen. Ini sampai PT Garam menyurat resmi ke Menteri Perdagangan dan Menteri Perindustrian, tembusannya ke kita,” kata Sudirman.

 

Berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian tahun 2009 disebutkan garam konsumsi adalah garam untuk kebutuhan Rumah tangga, aneka industri, dan ikan asin. Pada tahun 2013 disepakati produksi nasional mencukupi untuk kebutuhan konsumsi sehingga tidak boleh impor.

 

Namun, untuk menghindari persepsi maka untuk aneka industri dirubah menjadi garam industri. Tetapi, hingga saat ini aturan tersebut belum dilakukan perubahan. “Kalau memang kualifikasi kriteria masuk ke situ, ubah aturan itu,” kata Surdiman.

[beritasatu]

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.