Beranda Ekonomi

Indonesia Akan Terkena Dampak Hutang AS

BERBAGI
Ilustrasi hutang Amerika kepada China (forbes)
Ilustrasi hutang Amerika kepada China (forbes)
Ilustrasi hutang Amerika kepada China (forbes)

 

Jakarta, Anggota Komisi XI DPR RI Arif Budimanta menyatakan Indonesia akan terkena dampak langsung maupun tidak langsung dari kemungkinan gagal banyar utang Amerika Serikat yang jatuh tempo 17 Oktober 2013 senilai 16,7 triliun dolar AS.

 

“Dampak langsung terhadap Indonesia adalah jika Indonesia menjadi salah satu pembeli obligasi AS, maka ini akan berpengaruh terhadap sistem keuangan kita,” kata Arif di Gedung MPR/DPR/DPD RI di Jakarta, Kamis.

 

Sedangkan dampak tidak langsung yang menimpa Indonesia adalah terjadinya perlambatan ekonomi global yamg berpengaruh terhadap melemahnya harga komoditas karena menurunnya permintaan global.

 

“Akibatknya adalah tentu saja penerimaan pajak akan menurun juga secara tidak langsung,” kata dia.

 

Dia menambahkan, Jepang memiliki obligasi senilai 1,4 triliun dolar AS, China 1,28 triliun dolar AS yang apabila terjadi gagal bayar pasti ada pengaruhnya terhadap pasar keuangan dunia dan krisis hubungan bilateral antar negara-negara yang memiliki obligasi AS dengan AS.

 

Bisa saja kemudian memicu krisis politik antarnegara maupun regional implikasi dari runtuhnya kepercayaan banyak negara terhadap kekuatan AS.

 

“Untuk itu, pemerintah harusnya mempersiapkan suatu skenario waspada yang ditunjukkan dengan kebijakan fiskal melalui APBN yang fokus kepada belanja-belanja yang bersifat meningkatkan produktifitas agar daya saing ekonomi dan pasar tenaga kerja kita tetap terjaga,” kata politisi PDI Perjuangan itu.(antara)

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.