Ford Australia akan tutup, 1200 Bakal diPHK

BERBAGI
gbford
Pabrik perakitan Ford di Australia (foto:abc)
gbford
Pabrik perakitan Ford di Australia (foto:abc)

Melbourne, Ford Australia mengatakan akan menutup pabrik-pabriknya di Australia pada bulan Oktober 2016.

Presiden Ford, Bob Graziano, mengatakan, diperkirakan 1,200 karyawan akan kehilangan pekerjaan pada waktu pabrik di Broadmeadows dan Geelong ditutup.

Ia mengeluarkan pengumuman itu di Melbourne Kamis pagi setelah mengumumkan bahwa perusahaan itu telah merugi $600 juta selama lima tahun terakhir – dengan kerugian $141 juta setelah pajak dalam tahun keuangan yang lalu.

“Biaya kami dua-kali lipat dari yang di Eropa dan hampir empat-kali lipat Ford di Asia, maka kami memutuskan bahwa produksi tidak mampu bertahan untuk Ford di Australia dalam jangka panjang,” kata Graziano.

Ketua Menteri negara bagian Victoria, Denis Napthine mengatakan, ia telah bertemu dengan para eksekutif Ford dan sedang menunggu pengumuman resmi dari perusahaan tersebut sebelum berkomentar lebih jauh.

Sebelumnya serikat-serikat buruh mengatakan kepada ABC, anggota-anggota mereka diberitahu bahwa Ford akan mempertahankan departemen riset dan pengembangannya di Australia.

Bendahara Negara Wayne Swan berjanji akan membantu para pekerja yang kehilangan pekerjaan.

“Pemerintah akan melakukan segala yang mungkin untuk mendukung para pekerja dan komunitas lokal yang mungkin terkena dampak keputusan Ford itu,” katanya.

Graziano mengatakan, Ford terpaksa mengambil keputusan itu setelah mengambil “langkah-langkah signifikan untuk merombak bisnis agar lebih profitable dan sustainable.”

“Meski sudah berusaha, produk buatan lokal terus tidak menghasilkan profit sementara produk impor lebih mendatangkan profit.”

Tahun lalu pemerintah federal memberi $34 juta kepada Ford untuk terus berproduksi sampai “paling tidak akhir 2016”.

Namun serikat-serikat buruh dan analis berpendapat, kuatnya nilai dolar Australia dan tingginya tariff ekspor telah melumpuhkan sektor manufaktur otomotif lokal.

Bulan lalu saingan utama Ford, Holden, mengumumkan pemangkasan 500 pekerjaan di Australia Selatan dan Victoria karena menurunnya permintaan dan tingginya nilai dolar Australia.

Ford mulai membuat mobil di Australia tahun 1925, ketika mobil-mobil Model T mulai dibuat di Geelong. Ford saat ini merupakan pabrik mobil ketiga terbesar di Australia, dengan lebih dari 3,000 karyawan.

Pabrik di Broadmeadows/Campbellfield di Melbourne membuat model Falcon dan four-wheel-drive Territory. Mesin-mesin dibuat di pabrik Geelong.(abc-australia)

TIDAK ADA KOMENTAR

Tulis Komentar

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.