Sushma Verma, Master Termuda di Dunia

BERBAGI
Sushma Verma beserta orang tua (gb. thefunfort)
Sushma Verma beserta orang tua (gb. thefunfort)
Sushma Verma beserta orang tua (gb. thefunfort)

 

berita9online, India merupakan salah satu negara yang pendidikan dan kesejahteraan bagi anak perempuan masih sangat terbatas. Meski demikian, semangat anak yang tinggal di India Utara, Sushma Verma, membuktikan dirinya dengan meraih gelar master termuda dalam usia 13 tahun.

 

Pada usianya yang masih 13 tahun, remaja ini telah mengecap pendidikan sebagai mahasiswa S2. Ia menyelesaikan pendidikan formal hingga sekolah menengah pada usia 7 tahun. Meski demikian, ia bukan dari anak orang tua yang keras. Orang tuanya juga tidak mengenyam pendidikan tinggi dan miskin. Bahkan mereka memberikan kebebasan pada Verma untuk melakukan apa yang diinginkannya.

 

“Mereka mengijinkan saya melakukan apa yang ingin saya lakukan. Saya berharap orang tua lainnya juga tak memaksakan pilihan mereka pada anak-anak,” ungkap verma dengan tutur bahasa yang sangat dewasa dibanding umurnya.

 

Dilansir dari AP, Verma menjalani kehidupan sederhana bersama orang tua dan 3 adiknya. Sehari-hari mereka makan, tidur, dan belajar bersama pada sebuah apartemen satu kamar yang sangat sempit diwilayah Lucknow.

 

Verma mengakui bahwa atmosfir tempat tinggal dan kehidupannya sangat tidak mendukung untuk belajar, bahkan meraih mimpi. Sang ayah hanyalah pekerja konstruksi yang mendapatkan penghasilan kurang dari Rp 30 ribu per hari.
Barang mewah yang mereka miliki hanya sebuah meja belajar dan komputer bekas. Namun dengan kondisi yang tak ada TV dan berbagai peralatan zona nyaman lainnya, memberikan manfaat bagi Verma. Sehingga dia hanya memiliki pilihan untuk belajar.

 

Gadis ini mulai kuliah di B. R. Ambedkar Central University. Untuk menempuh perjalanan ke sana, sang ayah dengan setia mengantar jemput menggunakan sepeda kayuh. Kecemerlangan pendidikan Verma sepertinya merupakan benih dari kakak lelakinya.

 

Sang kakak lulus SMA pada usia 9 tahun dan pada tahun 2007 lalu, ia menjadi lulusan ilmu komputer termuda di usia 14 tahun. Yang membuat ia dan sang kakak berhasil hingga kini adalah banjir dukungan dari sang orang tua yang melakukan apapun demi pendidikan sang anak.(yahoo)

TIDAK ADA KOMENTAR

Tulis Komentar

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.